Sejarah YouTube

Youtube telah menjadi sosial ikon semenjak tahun 2005. Tiga orang sahabat, semuanya adalah bekas karyawan PayPal, telah meluncurkan Youtube pada bulan November tahun itu juga.

Para pendirinya, Chad Hurley, Steve Chan, dan Jared Karim sebelumnya telah menempuh kuliah di Universitas terkemuka dengan bidang Computer Science. Berdasarkan salah satu sumber, mereka mendapatkan ide untuk membuat youtube ketika ingin membagi sebuah video pesta makan malam. Pada awal pendiriannya, para pendirinya mengumpulkan uang sejumlah jutaan dolar dan segera bekerja dari sebuah kantor di atas restauran Jepang.

Mereka membeli domain dengan nama YouTube.com pada tanggal 14 Februari 2005 dan mengembangkan situs tersebut dalam beberapa bulan kedepannya. Video pertama yang diupload di youtube berjudul “Me at the Zoo”, sebuah video tentang Jawed karim sedang berada di kebun binatang. Video tersebut masih ada dan bisa dilihat di situs YouTube.com.

Kemudian testing YouTube versi Beta dimulai bulan may 2005 dan diluncurkan bulan November 2005. Youtube tumbuh sangat cepat dan signifikan, dalam enam bulan saja situs tersebut telah menerima 65,000 video lebih dan dilihat 100 juta kali setiap harinya. Berdasarkan catatan, dibulan May 2010 video-video di situs YouTube dilihat 14 milyar kali per bulannya dan 60 jam video didownload setiap menitnya. Sebagai info tambahan, 75 % video di Youtube berasal dari luar Amerika.

Hari ini situs tersebut memiliki 800 juta Unik Visitor per bulannya dan di tahun 2007 diperkirakan YouTube menggunakan kuota bandwith internet sebanyak seluruh bandwith di internet pada tahun 2000.

Saat YouTube menjadi semakin populer, Youtube pernah mendapatkan tuntutan oleh utube.com dikarenakan situs utube.com kebanjiran traffic dari orang-orang yang ingin mencari Youtube.com. Namun pada akhirnya situs utube.com berganti nama menjadi utubeonline.com.

Selanjutnya pada tahun 2006, Google mengumumkan telah membeli Youtube dengan mahar sebesar 1,65 milyar dolar dalam bentuk saham Google yang dilunasi akhir November tahun itu juga. Sejak saat itu, situs video YouTube memberikan berbagai macam pelayanan termasuk penayangan film online, bahkan broadcast gratis acara olahraga pertama sekali sebagai respon dari kenyataan bahwa orang-orang banyak nongkrong di YouTube selama 15 menit sehari dan 4 jam di depan televisi.

Sejalan dengan perkembangan Youtube yang semakin pesat, di tahun 2012 YouTube setiap harinya diakses oleh 4 milyar orang per harinya! Tetapi tampaknya para penikmat video Yotube kebanyakan hanya melihat video-video terpopuler saja, dan berdasarkan statistik, video populer jumlahnya hanya sebesar 30 % dari total keseluruhan video.

Sejarah YouTube

Tulisan Youtube. Photo used under Creative Commons from jm3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s