Ide Keren Cat Ruang Keluarga

Mencari ide untuk mendefinisikan kembali ruang keluarga anda? Merindukan percikan warna menarik? Penasaran dengan ide berbeda dekorasi rumah teman anda? Pada postingan ini saya berikan ide menarik cara mendapatkan warna-warna fresh baru yang bisa digunakan untuk menolong memaksimalkan potensi ruang keluarga anda.

Menentukan warna cat kreatif

Anda tidak perlu berpikiran untuk memilih warna-warna menantang yang akan digunakan dalam ruang keluarga. Terkadang, perwujudan dari ide pewarnaan lukisan muncul pada saat pelaksanaan daripada saat merencanakan pemilihan warna-warna terang atau warna-warna yang tak biasa buat kita. Cobalah lihat dalam lembaran-lembaran majalah dan melalui berbagai macam chanel TV, karena ini akan membantu anda untuk mendapatkan ide yang disukai.

Jika anda telah memiliki ide warna tertentu yang disukai, cobalah pikirkan bagaimana caranya memberikan sentuhan kreatif pada warna tersebut. Jika senang dengan warna kuning, dan ingin ruangan bertemakan kuning, pertimbangkanlah 2 skema dari warna kuning gelap dan kuning terang. Pilihlah dua warna berbeda namun masih berkaitan dari kartu cat yang disediakan di toko bangunan di kota anda, untuk menghindari benturan warna. Atau pilihlah dua warna yang benar-benar berbeda, tetapi saling melengkapi, contohnya seperti kuning dan putih, atau hijau dan biru. Jangan lupa pertimbangkan pula bagaimana pemilihan warna cat dapat mempengaruhi mood anda. Tanyakan kepada diri sendiri apakah dengan menggunakan warna-warna terang dapat menceriakan atau malah membuat gelisah? Apakah warna-warna gelap akan membuat bersemangat, atau sebaliknya? Bawalah kerumah kertas-kertas warna dan tempelkan ke dinding ruang keluarga untuk mendapatkan ide terbaik dalam pemilihan warna ruang keluarga anda. Bila kita melihat trend penggunaan warna akhir-akhir ini maka warna-warna mencolok lebih umum digunakan dibandingkan dulu, jadi janganlah malu untuk menentukan keputusan.

Cara mendapatkan warna-warna yang pas

Ketika anda telah memutuskan tema apa yang ingin dipakai, coba pikirkan bagaimana ide tersebut dapat terlaksana. Apakah anda membutuhkan warna kontras maupun warna yang mendukung perabotan diruang keluarga anda, dinding yang beraksen kayu, ataukah warna-warna asimetris?

Cobalah investasikan sedikit uang untuk membeli kertas dengan warna berbeda-beda, lalu pasangkan masing-masing kertas warna tadi menurut selera. Warna-warna yang saling melengkapi, seperti kuning dan ungu, kuning dan biru, saling berdampingan. Dengan menggunakan cara ini dapat membantu anda memilih pasangan warna-warna yang menyejukkan mata.

Ingin menggunakan warna terang ataupun warna yang tabu dengan hasil menarik? Pertimbangkanlah mewarnai dinding yang berlawanan hanya dengan satu warna saja, dan dua dinding lainnya dengan warna hitam ataupun putih. Dengan cara ini akan membuat ruangan terasa lebih lebih besar dan kecil, jadi pilihlah warna-warna beraksen berdasarkan kecil atau besarnya ruangan keluarga anda.

jangan lupakan juga langit-langit. Jauh di atas pandangan mata, langit-langit bisa menjadi tempat terbaik untuk mengekspresikan sisi-sisi liar dari pemilihan warna anda. Sisi tenang dari dinding ruangan keluarga bisa lebih dimeriahkan lagi dengan warna terang dari langit-langit ruangan. Pastikan juga untuk mengikutsertakan lantai dalam pemilihan warna ini, serta hindari memilih warna-warna dinding dan langit-langit yang berbenturan dengan warna terang ataupun kontras dari karpet. Jika anda telah menyelesaikan pemilihan warna lantai, saatnyalah untuk memperbarui lantai sebagai bagian dari dekorasi ruangan dan jangan lupa untuk menunggu setelah proyek pewarnaan ruangan selesai baru kerjakan proyek lantai untuk menghindari tumpahan cat pada lantai.

Jika variasi metode pewarnaan tradisional saja tidaklah cukup, coba pertimbangkan untuk melukis satu ataupun dua dinding dengan gambar-gambar ataupun corak-corak yang disukai. Lakukan hal ini jika anda benar-benar berani memperlakukan dinding ruang keluarga seperti sebuah lukisan, tetapi janganlah takut untuk melakukan hal ini karena langit adalah batasnya saat mendefinisikan kembali ruang keluarga anda sendiri.

Efek secara keseluruhan

Jangan lupakan detail. Jika ruang keluarga anda dilengkapi dengan crown molding, trim dekoratif, ataupun hiasan-hiasan beraksen lainnya, gunakanlah aksesoris-aksesoris tersebut untuk melengkapi pemilihan warna-warna dinding ruang keluarga. Pilih warna-warna untuk elemen-elemen dekorasi yang menunjang warna-warna utama ruang keluarga dan buatlah elemen-elemen dekorasi tersebut dapat menonjolkan warna-warna dari dinding ruangan. Jika anda memilih warna-warna datar, selalu pertimbangkan untuk menggunakan warna-warna glossy ataupun mengkilap pada trim ataupun lis ruangan. jangan pilih warna beraksen yang berbenturan dengan dekorasi, furniture, karpet, maupun aksesoris ruangan lainnya. Sekali lagi, gunakanlah kertas-kertas warna untuk menolong anda mendapatkan gambaran final, dan bersenang-senanglah dalam menciptakan ruang keluarga anda sendiri.

Ide Keren Cat Ruang Keluarga

Ruang tengah, Photo used under Creative Commons from Peter Rogers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s