Kerajaan Es

Cerita ini terjadi lebih dari dua abad yang lalu, ketika pekerjaan manusia yang ada saat itu hanyalah bertani, saat tidak adanya fasilitas untuk memudahkan seperti sekarang, saat masih belum adanya MP3 player, televisi sampai kulkas pun masih belum ditemukan. Ketika itu jika anda menginginkan minuman dingin dengan es yang ada di dalamnya maka anda kurang beruntung. Es adalah barang langka, terutama di saat musim panas, namun ada seseorang yang melihat kesempatan ini.

Orang ini menyadari jika saja dia dapat mengambil semua es dari kolam-kolam beku dan danau-danau beku lalu mengirimnya dengan kapal ke kota, mungkin dia dapat menghasilkan uang dari menjual es tersebut. Sementara banyak orang berada di dalam kehangatan rumah-rumah mereka pada musim dingin, tetapi tidak bagi Frederic Tudor yang tinggal di Inggris, dia memotong es dalam bentuk balok-balok besar dari danau-danau dan kolam beku di Inggris. Lalu potongan-potongan es tersebut dia bawa ke India dan kemudian ke Amerika Serikat. Dia membangun sebuah imperium bisnis dan menjadi seseorang yang sangat kaya. Selayaknya orang-orang sukses sebelum dia dan sebelumnya lagi, Tudor mengambil sebuah inovasi, resiko, dan menciptakan sebuah kesuksesan.

Mengapa saya bercerita tentang bisnis yang terjadi lebih dari 20 dekade lamanya? Karena bisnis yang dilakukan oleh Tudor tampak tidak masuk akal oleh kita di jaman teknologi ini, bagaimana bisa seseorang membangun sebuah kerajaan bisnis dari menjual bongkahan-bongkahan es dari danau-danau beku. Namun dia melakukannya dan anda tidak! Anda masih duduk di depan komputer anda membaca artikel ini, berharap akan ada ide untuk mendapatkan uang banyak. Masalah sebenarnya adalah anda terlalu sibuk untuk mencari ide yang tidak anda lakukan.

Beberapa dari kita telah sukses dalam membangun bisnisnya, sebut saja Bill Gates maupun Steve Jobs, tetapi kita juga bisa sukses. Mereka sukses bukan hanya karena ide-ide besar mereka, melainkan karena mereka melakukannya. Saya sangat yakin sekali kalau mereka pasti menjadi sangat kaya serta sukses, terlepas dari kapan dan dimana mereka lahir. Kenapa? Karena mereka tipe pelaku! mereka membuat sesuatu terjadi dan bukan hanya menunggu kesempatan datang baru mereka bergerak.

Jadi bagaimana anda akan menemukan kesuksesan anda sendiri? Dalam pengalaman saya adalah dengan melihat sebuah kesempatan serta aksi berikutnya. Anda kemungkinan akan mengalami kegagalan seperti kebanyakan entrepreneur lainnya. Mereka selalu berusaha bangkit dan mencoba lagi dan lagi. Mungkin dibutuhkan waktu untuk menemukan niche atau area kompetisi anda, dan usaha anda ini mungkin tidak akan membawa anda menjadi sangat kaya, tetapi jika anda terus bergerak maju, anda pasti akan menemukan kesuksesan.

Yang membuat usaha anda tidak berhasil adalah pulang kerumah sehabis bekerja dan duduk di depan televisi. Tidak ada orang yang akan menjadi kaya dengan cara seperti itu. Jadi apakah itu menjual es, menjual produk anda lainnya, ataupun belajar membuat website, anda hanya akan sukses apabila anda mengerjakannya.

Kerajaan Es

Es raksasa di Antartika, Photo used under Creative Commons from 23am.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s