Kanker, Penyebabnya dan Pencegahannya

Kanker merupakan penyakit yang sering kita dengar akhir-akhir ini dan telah membunuh lebih dari jutaan orang setiap tahunnya dari seluruh dunia. Tergantung dari mana kanker muncul, sebenarnya mengobati penyakit kanker bisa menjadi mudah ataupun sulit. Kita sebagai manusia terkadang mempertanyakan apakah ada obat atau cara untuk mengobati kanker, tetapi masalahnya ada berbagai macam jenis kanker, namun bila kita mengetahui apa yang menyebabkannya setidaknya kita tau bagaimana menghindarinya.

Sesungguhnya hanya ada dua cara seseorang bisa terkena kanker. Pertama melalui mutasi genetik. Dan cara yang lainnya bisa dari berbagai kemungkinan, namun yang pasti adalah DNA dalam selnya mengalami kerusakan. Kerusakan DNA ini sebenarnya terjadi setiap saat. Jika DNA sel terpengaruh oleh kanker, maka sel tersebut akan mulai memperbanyak diri dan menyebabkan tumor. Namun tumor ini bisa bersifat jinak maupun ganas, bila sifatnya ganas maka semua sel disekitar tumor tersebut akan ikut terpengaruh dan tumbuh. Inilah yang dinamakan kanker. sel-sel kanker akan mengambil semua nutrisi tubuh, dan secara perlahan membunuh hostnya.

Beberapa orang tampaknya terlahir dengan kelainan pada DNA nya yang membuat beberapa jenis kanker hampir tidak bisa dihindari. Sangat disayangkan bila pencegahan hampir tidak berguna. Namun sebuah sel mulai memperbanyak dirinya diluar kontrol jauh sebelum kanker bisa dideteksi. Dalam keadaan normal tubuh manusia mempunyai kemampuan memperbaiki kerusakan DNA dan mematikan kelainan sel, hanya saja bila terdapat satu sel lepas dari sistem keamanan tubuh, maka sel tersebut bisa mulai memperbanyak dirinya tanpa terkontrol.

Tentu saja ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kemungkinan kita terkena kanker terlepas dari kelainan gen tubuh kita. Bila dilihat dari kemampuan tubuh kita untuk memperbaiki maupun membunuh sel bermasalah, maka kelainan produksi sel secara teorinya bisa dihindari. Pastinya ada beberapa hal yang seharusnya kita tidak lakukan yaitu merokok, meminum-minuman beralkohol, mengurangi paparan radiasi. Anda juga seharusnya menghindari sinar terik matahari dan gunakan selalu tabir surya apabila berada didaerah panas. Hindari juga bahan kimia berbahaya serta asap dari kendaraan bermotor. Selain itu ada beberapa hal yang harus anda lakukan yaitu makan dalam porsi seimbang plus buah-buahan dan sayur, minum cukup air putih, serta berolahraga.

Kanker, Penyebabnya dan Pencegahannya

Keluarga bahagia, Photo used under Creative Commons from Evil Erin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s