Analisis Kompetitor

Untuk setiap bisnis agar menjadi sukses haruslah mengerti apa itu kompetisi. Bahkan organisasi besar sekalipun akan gagal apabila mereka tidak mengerti bagaimana cara berkompetisi secara benar. Menganalisa sebuah kompetisi bisa membangkitkan kita kembali dari kegagalan dan memberikan kelebihan stategi dengan cara mengoptimalkan dan menggunakan tools analisis kompetitor.

Analisis kompetitor hampir mirip dengan analisis SWOT, seperti melihat sebuah perusahaan melalui kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), maupun ancamanannya (threats). Namun di dalam analisis kompetitor, anda mendefinisikan organisasi anda sendiri berdasarkan kompetitor lain.

Pertama, anda bisa mendefinisikan dan menganalisa industri ataupun bisnis anda sesuai dengan ruang lingkup dan area dimana organisasi anda berkompetisi. Hal ini akan membantu anda melihat peta kompetisi yang ada. Lebih jelasnya, tentunya anda tidak menginginkan untuk menganalisa perusahaan anda bersaing dengan perusahaan lain yang bukan kompetititor dalam area (niche) anda.

Kedua, tentukan secara detail dan jelas siapa saja kompetitor anda. Apakah perusahaan Y ataupun perusahaan Z? Merekalah yang akan menguasai dan mengambil semua bisnis anda apabila perusahaan anda tidak berjalan dengan baik.

Ketiga, tentukan siapa saja yang membeli produk-produk anda. orang-orang inilah yang ingin anda layani secara lebih. Cari tau apa yang mereka inginkan dan harapkan dari barang ataupun pelayanan anda karena apapun yang mereka harapkan maka itulah yang akan anda berikan kepada mereka apabila bisnis anda ingin sukses dikemudian harinya.

Keempat adalah mencari tau faktor apa yang menentukan kesuksesan bisnis anda. Apa yang membuat bisnis anda berkelas? Tentu saja hal ini berhubungan banyak dengan poin ketiga sebelumnya, selain itu masih ada faktor efisiensi, karyawan, dan lain sebagainya.

Kelima, berikan nilai berdasarkan bobot kepentingan dari masing-masing kategori pada poin keempat diatas. Penilaian ini akan sangat tergantung sekali dari bisnis anda dan analisanya.

Keenam, berikan nilai kepada setiap kompetitor berdasarkan faktor yang ingin anda analisa. Bisa mulai dari inovasi, penjualan, pelayanan, kepuasan pelanggan, efisiensi, dan lain sebagainya. Berikutnya, ambil nilai dari setiap ranking dan kalikan dengan faktor skala dari langkah kelima, lalu anda akan mendapatkan nilai untuk setiap kompetitor yang melambangkan kemampuan mereka. Ikuti langkah ini untuk semua kompetitor dan bandingkan ranking-ranking mereka.

Analisis kompetitor ini dapat menolong anda untuk menentukan apakah perusahaan, bisnis, ataupun organisasi anda berjalan dengan baik dan faktor apakah yang dapat membuat organisasi anda menjadi lebih baik. Setiap anda menemukan kompetitor melakukan sesuatu yang lebih baik, maka organisasi anda bisa membuat perubahan untuk lebih berprestasi, berkompetisi lebih, mendapatkan keuntungan lebih, dan menjadi lebih layak dan attraktif bagi para potensial investor untuk berinvestasi.

Analisis Kompetitor

Diskusi bisnis, Photo used under Creative Commons from Victor1558

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s