RAM dan CPU

Banyak dari kita tidak mengerti tentang komputer dan apa saja yang membuat komputer kita cepat ataupun lambat, apa itu memory, dan bagaimana cara mengupgrade kemampuan komputer kita. Sebenarnya tiga komponen utama dari komputer adalah Hard drive, CPU, dan RAM.

Hard Drive. Merupakan peralatan komputer untuk menyimpan data berupa program-program software atau perangkat lunak. Hard drive ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan kecepatan komputer ataupun laptop kita, dan kapasitas hard drive hanyalah menunjukkan seberapa banyak data dapat kita simpan.

CPU. Merupakan singkatan dari Central Processing Unit, atau peralatan komputer yang melakukan semua perhitungan data. Ketika sebuah program dijalankan, walaupun hanya di windows, tugas CPU untuk membuat program ataupun software tersebut berjalan dengan cepat maupun lambat. Contoh, bila anda mempunyai komputer dengan kapasitas prosesor 2,8 Ghz, artinya komputer anda dapat memproses 2,8 juta data per detiknya. Semakin cepat prosesor, maka akan semakin cepat dan lancar pula komputer anda menjalankan berbagai macam software, tetapi kecepatan ini selanjutnya akan dibatasi dan ditentukan oleh RAM.

RAM. Apa itu RAM? kependekan dari Random Access Memory, RAM merupakan tempat penyimpanan program sementara. Ingatlah bahwa semua data akan disimpan oleh hard drive kita, baik program tersebut sedang kita jalankan maupun tidak, namun RAM berfungsi hanya untuk program yang sedang dijalankan. Jadi bila laptop kita terasa lambat maka hal tersebut bisa disebabkan karena dalam hard drive kita telah terisi begitu banyak file dan data, sedangkan banyak program yang kita jalankan dan RAM yang kita punya tidak cukup kuat untuk menjalankan semua program tersebut. Dengan menambahkan RAM, prosesor kita akan berfungsi lebih maksimal. Apalagi banyak program dan software sekarang membutuhkan minimal RAM 2 GB, atau lebih besar lagi. Jadi setidaknya laptop kita akan butuh memori minimal 2GB atau lebih besar bila banyak program kita jalankan sekaligus, mulai dari microsoft word sampai winamp.

RAM dan CPU

Belajar komputer, Photo used under Creative Commons from Saad Faruque

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s