Anak Muda Peduli Lingkungan

Menjadi kreatif merupakan suatu tuntuntan ketika tak banyak lagi pilihan yang bisa dilakukan, utamanya dalam hal pembuangan sampah. Tingginya produksi sampah tanah air kini tengah menjadi kajian di sebagian besar kampus ataupun universitas yang memiliki jurusan lingkungan, begitu pula para ahli lingkungan serta khalayak pelayan pubilk yang diembani amanah tersebut. semua pusing, kebingungan mencari solusi.

Namun ternyata di tengah kepusingan yang sangat yang melanda, terdapat inisiator kreatif yang mulai peduli akan permasalahan lingkungan dan terbukti kinerjanya secara konkrit. Inilah para pemuda yang berbeda dari kebanyakan pemuda lainnya. Disaat yang lain sibuk berhura-hura atau sekedar nongkrong duduk di pinggir jalan, inilah pemuda yang peduli dan peka terhadap masalah lingkungan sekitarnya.

Selangkah lebih dekat

Kelompok usaha yang lebih akrab dikenal dengan nama “Daur Environmental Services” ini terdiri dari lima personil. Kesemuanya adalah pemuda lulusan Universitas Airlangga, Surabaya.

Dengan title sebagai seorang sarjana, seharusnya mereka bisa untuk mendaftarkan dirinya bekerja ke berbagai perusahaan terkemuka tanah air, terlebih lagi prestasi yang telah mereka torehkan terbilang bukan biasa-biasa saja.

Banyak yang dahulu di zaman kuliahnya menjadi ketua berbagai organisasi kampus. Namun karena kepeduliannya, kelompok yang kini usahanya ini telah berkembang menjadi suatu unit usaha mandiri ini mulai menggeluti dunia persampahan.

Usaha yang memiliki berbagai bidang yang dikelolanya ini, mulai dari bank sampah, daur ulang sampah, serta pelatihan cinta lingkungan diketuai oleh seorang yang akrab dipanggil Deltu.

Pemuda usia 24 tahun ini mengaku awalnya usaha yang mereka bangun bersama ini sempat jatuh bangun, hampir sampai akan gulung tikar karena tak ada modal yang cukup.

Bayangkan saja, untuk basecampnya saja menggunakan rumah kontrakan yang biasa digunakan pula untuk berbagai keperluan kampus lainnya seperti halnya mahasiswa lain, semua campur jadi satu di satu tempat.

Kemudian sedikit demi sedikit mulai berkembang hingga berhasil menyewa satu rumah kontrakan lain hingga seperti sekarang ini. Pola yang digunakan ini merupakan kerjasama mereka dengan beberapa pengrajin serta pengepul sampah lain.

Mereka tidak bekerja sendiri untuk mengelola sampah-sampah yang berhasil mereka koleksi melalui bank sampahnya. Dengan demikian harapannya bisa membangun kerjasama serta lebih banyak menciptakan lapangan kerja.

Kebangkitan hingga sukses

Usaha yang kini memasuki tahun keempat ini kini tengah memasuki masa-masa puncaknya. Kini semakin banyak masyarakat yang menjadi anggota bank sampah dan merasakan banyak manfaat akan barang yang telah di daur ulang.

Awal mula kebangkitan usaha ini tak terlepas dari usaha dan perjuangan keras mereka memperjuangkan cita-cita menjadi usahawan yang juga cinta lingkungan.

Namun satu bantuan berupa satu armada kendaraan penganggkut sampah-sampah yang ada di anggota bank sampah yang berasal dari pemerintah kota ini kian membantu melejitkan usaha mereka.

Ya, armada ini merupakan hibah pemerintah kota Surabaya atas jasa mereka yang turut serta berhasil membangun kesadaran masyarakat untuk senantiasa mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Sampah-sampah yang ada di satu rumah dan rumah lainnya telah dipilah dan dipisahkan menurut masing-masing jenisnya. Kemudian secara berkala akan diangkut oleh armada maupun diantar sendiri oleh nasabah bank sampah.

Nah, ketika telah mencapai transaksi yang ke sekian kali, nasabah akan mendapatkan suatu merchandise cantik yang juga merupakan hasil daur ulang sampah sebagai wujud apresiasi. Apakah anda juga tertarik menjadi nasabah bank sampah?

Advertisements

2 thoughts on “Anak Muda Peduli Lingkungan

  1. fatimah anzaro April 21, 2013 / 20:23

    wah,sangat menginspirasi sekali!!!:)
    I like it!!:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s