Anda (Tidak) Perlu Kopi

Sebenarnya kita bisa mengetahui kehidupan seseorang dari minumannya. Coba pikirkan berapa banyak manusia mengkonsumsi kopi dan seberapa banyak minuman energi dibeli setiap harinya dari supermarket-supermarket di sekitar tempat tinggal kita. Dalam kedua kasus tersebut, kita berbicara tentang banyaknya konsumsi kafein. Dan efeknya terhadap kesehatan kita bila dikonsumsi secara terus menerus.

Pertama-tama, kafein dapat memicu pelepasan hormon epinepherine dan norepinepherine yang berfungsi untuk meningkatkan produksi energi, aktivitas kedua hormon ini bisa kita sadari saat kita terbang maupun saat kita berkelahi dan menghadapi bahaya. Ada beberapa cerita menakjubkan dari terlepasnya hormon epinepherine dalam jumlah besar, contohnya saja seperti seorang nenek yang dapat mengangkat sebuah mobil dan berbagai macam cerita lainnya.

Kita kembali ke kafein dan apa efeknya, untuk sedikit konsumsi kafein sama seperti melepaskan beberapa hormon dan produksi energi dari tubuh. Perbedaannya adalah mekanisme pelepasan hormon dan produksi energi tubuh ini tidak kembali menjadi normal walaupun kita terus-menerus meminum kopi dan menenggak minuman peningkat energi. Dan pada akhirnya Kelenjar adrenal kita yang berfungsi untuk memproduksi hormon epinepherine dan norepinepherine menjadi tidak berfungsi normal untuk sementara.

Ingatlah ada satu alasan bahwa kita minum kopi dan minuman sejenis lainnya adalah untuk meningkatkan energi kita. Mengapa seseorang ingin meningkatkan energinya, apakah mereka merasa kekurangan energi selama ini? Walaupun tidak semua orang ingin meningkatkan energinya, tetap saja ada yang menginginkannya. Ada beberapa orang yang menginginkan tetap terjaga dengan meminum kopi di pagi hari maupun menelan sedikit minuman berenergi untuk menghilangkan lelah sementara. Padahal kenapa seseorang merasa lelah? Tak lain dan tak bukan penyebabnya adalah kurang istirahat.

Anda bisa melihat orang tergila-gila dengan kopi dan minuman berenergi dikarenakan mereka tak mendapatkan cukup waktu tidur. Karena itulah beberapa orang membutuhkan kopi, dikarenakan mereka lelah setiap waktunya. Apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh orang-orang ini adalah tidur. Ketika para pecandu kopi tidak mendapatkan cukup istirahat, mereka mengambil sesuatu dari tubuhnya yang berupa penuaan, berbagai macam penyakit, dan kanker. Berdasarkan fakta, mereka yang tidurnya kurang dari 7 jam pada malam hari dalam waktu yang sangat lama mempunyai kemungkinan menderita kanker lebih besar daripada mereka yang waktu tidurnya antara 7 – 9 jam.

Mengetahui bagaimana untuk bisa hidup lebih sehat sangatlah penting bila dibandingkan dengan pola makan sehat dan berolahraga, walaupun kedua hal ini juga penting. Jika anda tidak bisa bekerja dengan baik di pagi hari tanpa kopi anda, itu artinya anda tidak mendapatkan cukup waktu tidur, dan tidak berarti anda membutuhkan kopi untuk tampak lebih segar.

Anda (Tidak) Perlu Kopi

Minum kopi, Photo used under Creative Commons from Bri Tobin

One thought on “Anda (Tidak) Perlu Kopi

  1. Jefry November 24, 2012 / 09:15

    Kopi memang memberi efek yang sangat signifikan terhadap kesehatan tubuh kita, saya sendiri sekarang mulai mengurangi konsumsi kopi terutama saat malam hari agar istirahat malam saya cukup
    terima kasih atas sarannya, sangat bermanfaat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s