Sejarah Nintendo

Nintendo merupakan perusahaan dari jepang yang menjual barang-barang elektronik ke seluruh dunia. Kantor pusat Nintendo sebenarnya berada di Kyoto, Jepang dan merupakan perusahaan terbesar dalam bidang video game. Pertama kali didirikan tahun 1889 oleh Fusajiro Yamauchi, jauh sebelum video game ada. Pada saat-saat awal, nintendo memproduksi permainan kartu yang terkenal dengan nama “Hanafuda Cards”. Kemudian antara tahun 1889 dan 1963, perusahaan Nintendo mencoba berbisnis dibidang lain yaitu bidang transportasi atau taksi dan “hotel cinta” (maksudnya apa ya??).

Setelah meningggalkan semua jenis bisnis di masa lalu, lantas perusahaan Nintendo ini mencoba peruntungannya di bidang video game yang hasilnya seperti kita ketahui yaitu berujung keberhasilan. Nintendo saat ini mempunyai aset senilai lebih dari 85 milyar dolar, selain itu perusahaan ini membawa pengaruh besar dalam industri game. Nintendo juga mempunyai cabang perusahaan di Amerika yang dikenal dengan Nintendo Amerika, berbasis di North Bend, Washington. Nintendo juga berhasil dalam marketing, contohnya adalah dengan berhasilnya menjual lebih dari setengah milyar unit video game dan hampir 3,5 milyar software video game.

Selanjutnya di tahun 1974, perusahaan nintendo memulai debutnya di industri video game dengan mengambil lisensi penjualan sistem video game oleh Magnavox. Dan tahun 1977, Nintendo mulai memproduksi hardware video game console yang lebih dikenal dengan nama Color TV game.

Setahun berikutnya 1975, Nintendo memasuki industri video arcade dengan game rancangan desainer pertama mereka yaitu EV Race. Perkembangan produksi ini diikuti dengan menerbitkan game-game arcade lainnya, namun hal yang dilakukan Nintendo ini tidak menuai sukses besar sampai Nintendo mengeluarkan game Donkey Kong. Tahun 1980, Nintendo memproduksi “handheld games” dengan berbagai macam judul game dan meraih sukses juga. Tetapi dari semua perjalanan Nintendo, Nintendo Entertainment System (NES) lah yang telah membuat Nintendo Sukses seperti sekarang. Diluncurkan tahun 1983 di Jepang, lalu masuk ke Amerika tahun 1985, console NES ditemani oleh game yang bercerita tentang dua orang tukang kayu dan usahanya untuk menyelamatkan seorang putri raja. Game Super Mario Bros ini pun telah menjadi legenda sejarah dunia game.

Kata Nintendo sendiri secara kasarnya diartikan sebagai “serahkan keberuntungan kepada surga”, sedikit ironi dikarenakan perusahaan ini hanya meraih sedikit kesuksesan dalam waktu hampir 100 tahun. Saya kira surga memutuskan untuk memberikan keberuntungan kepada mereka dengan perusahaan video game multinasional nya setelah Nintendo terjun kedalam bisnis yang tepat.

Semenjak Nintendo berada dalam dunia game, dan telah meraih banyak kesuksesan sejak saat itu, namun kelanjutan dari NES lah yang telah merubah dunia video game.

Sejarah Nintendo

Asik Bermain Nintendo, Photo used under Creative Commons from Ashley Sturgis

One thought on “Sejarah Nintendo

  1. Jefry November 24, 2012 / 09:05

    ternyata pendirian perusahaan Nintendo sudah sejak lama ya, sejak tahun 1889
    terima kasih atas penjelasannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s