Kegelapan Planet Pluto

Dari statusnya sebagai satu dari sembilan planet terkenal di dalam tata surya kita sampai klasifikasinya sebagai dwarf planet (planet kerdil), Pluto telah menaikkan reputasinya dalam beberapa tahun terakhir. Dimulai dari penamaan dari nama Dewa Kematian Romawi, Pluto menempati zona penuh kegelapan, serta area penuh asteroid dan komet, membuat Pluto selalu identik dengan nasib buruk. Biar bagaimanapun, pengaruh Pluto terhadap Neptunus dan Uranus telah membuat planet Pluto menjadi salah satu planet berpengaruh di tata surya.

Karakter Pluto

Sifat dan karakter Pluto berbeda dari planet-planet besar dan jaraknya dari bumi. Dikarenakan jauhnya jarak Pluto serta zona Pluto nan gelap, membuat Pluto sulit untuk di eksplorasi. Namun para astronomer mengetahui Pluto memiliki diameter sekitar 20% ukuran Bumi dan sebagian besar permukaan Pluto terlapisi oleh es yang terbentuk dari campuran methane, nitrogen, dan gas karbon monoksida. Suhu di athmosfer Pluto sangatlah dingin dengan temperatur rata-ratanya sekitar minus 230 derajat Celcius bahkan cahaya masih belum menjangkau Pluto walaupun orbit planet Pluto telah mendekati matahari.

Orbit planet terjauh dari matahari

Pluto masih bertahan sebagai salah satu planet dalam tata surya dikarenakan ekstremnya durasi orbit planet tersebut. Perhitungan mengatakan dibutuhkan waktu 248 tahun Bumi dalam satu durasi orbit Pluto, selain itu Pluto terlihat lebih dekat daripada Neptunus. Namun dengan terus diamatinya orbit Pluto oleh para astronomer, Planet Pluto tersebut kembali lebih jauh daripada planet Neptunus dan kembali kelokasinya disudut tatasurya yang dingin. Kesempatan para astronomer untuk mengobservasi planet Pluto jarang sekali didapatkan karena ekstremnya jalur orbit planet ini.

Duet Charon dan Pluto

Diantara hal-hal menarik dari planet Pluto, salah satunya adalah hubungan planet ini dengan bulannya yaitu Charon (satelit dengan ukuran setengah dari planet Pluto). Para astronomer hampir menganggap Pluto dan Charon sama dalam klasifikasinya dikarenakan turunnya status Pluto menjadi salah satu Dwarf Planet. Berbicara mengenai fakta, Charon dan Pluto terpisah dengan jarak sekitar 19.300 Km. Jarak yang sangat memungkinkan ditempuh dengan pesawat biasa oleh manusia. Seumpamanya saja jarak antara bulan dan bumi sedekat ini maka eksplorasi bulan pun bisa menjadi lebih sering dibandingkan saat ini.

Charon dan Pluto sebenarnya sangatlah berbeda dalam banyak aspek meskipun sama dalam ukuran dan posisi di sistem tata surya. Bila Pluto terlihat kemerahan dan athmosfernya didominasi oleh Nitrogen dan gas lainnya seperti Methane, maka Charon tampak berwarna ke abu-abuan, kemungkinan warna abu-abu ini dikarenakan kombinasi antara hidrogen dan lapisan-lapisan es. Walaupun terdapat perbedaan antara Charon dan Pluto, namun keduanya bergerak bersama-sama dalam gerakan retrogade (berlawanan arah) seperti Neptunus dan Triton (bulannya Neptunus).

Mengenal Kuiper Belt

Oleh para ilmuan planet double dwarf Pluto dan Charon ditemukan berada di area Kuiper Belt yaitu tempat beberapa bulan lainnya ditemukan. Diidentifikasikan sebagai bulannya Pluto, Hydra dan Nix jauh lebih kecil daripada dwarf planet dengan diameter sekitar 48 Km. Selanjutnya oleh teleskop luar angkasa Hubble dengan observasinya berhasil menemukan dua bulan lagi. Bisa dipastikan lebih banyak informasi akan didapatkan mengenai Pluto dalam tahun-tahun mendatang disebabkan adanya rencana eksplorasi planet Pluto pada tahun 2015.

Sampai saat itu tiba, pengetahuan kita tentang semua yang berkaitan tentang Kuiper Belt hanyalah berdasarkan dari sedikit data. Selain itu para astronomer dan pengamat angkasa akan menahan nafas untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang dwarf planet atau planet kecil ini.

Kegelapan Planet Pluto

Bumi, Photo used under Creative Commons from Bilal Mirza

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s