Cara Menulis Email Formal Bahasa Inggris

Style email formal seharusnya dibuat sebagaimana cara membuat surat bisnis. Anda harus yakin kemana email akan dikirim dan bagaimana caranya anda merencanakan untuk berkorespondensi melalui email. Berikut ini saya tuliskan caranya dalam beberapa langkah menulis email resmi berbahasa Inggris

Prosedur

  1. Mulailah dengan nama lengkap, gelar, institusi dan alamat email orang yang dituju.
  2. Tuliskan pesan anda secara jelas, ringkas, dan padat. Jangan lupa untuk mengecheck kesalahan spelling dan grammar saat email anda telah selesai dibuat.
  3. Periksa tulisan di email untuk memastikan sudah adanya semua alasan anda menulis email bahasa Inggris tersebut.
  4. Isi kolom “to” (kepada) di email formal bahasa Inggris anda.
  5. Memilih judul email (subject) yang tepat akan membuat penerima email memberikan perhatian terhadap email kita. jangan memilih judul email sembarangan yang tidak ada hubungannya dengan alasan kita mengirim email tersebut. Selain itu fungsi dari pemakaian judul yang tepat yaitu mudahnya mencari email dari kita apabila penerima email ingin membaca email dari kita.

Tips

  • Jangan menggunakan kata-kata singkatan.
  • Selalu tuliskan terimakasih atas waktu yang telah diberikan dan perhatiannya pada bagian akhir email
  • Sebisa mungkin untuk tidak mengirimkan attachment. Penerima email biasanya mengangap attachment sebagai virus.
  • jangan menuliskan kata-kata kasar.
  • jangan menulis email formal bahasa Inggris saat anda sedang marah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s