Cara Menggunakan Kata Sifat Dalam Tulisan Bisnis Bahasa Inggris

Dalam semua tulisan bisnis bahasa Inggris sudah seharusnya kata-kata sifat (adjectives) digunakan secara baik. Temukan cara penggunaan kata sifat dengan efektif dan benar sehingga pembaca mengerti isi dari tulisan kita.

Langkah-langkahnya

  1. Gunakanlah kata sifat secukupnya saja dalam kalimat. Bila kita memakai kata sifat terlalu banyak dalam kalimat, maka resikonya adalah kita menciptakan sebuah kalimat hiperbola (berlebihan). Para pembaca kita akan menganggap kita tidak profesional atau kredibel dan tampak seperti bermain-main. Sebaiknya pikirkanlah mau sebanyak apa kita pakai kata sifat untuk mereview maupun menggambarkan sebuah perusahaan ataupun produk.
  2. Variasikan penggunaan kata sifat anda. Pembaca tentunya kurang senang apabila sebuah kata terus diulang-ulang pemakaiannya serta akan menganggap bahwa penulis tidak profesional.
  3. Pakailah kata sifat (adjective) yang tepat. Dalam artikel bisnis bahasa Inggris, kata “efficient” lebih baik dari pada “great”, dan kata “convenient” lebih baik daripada “wonderfull”. Kata-kata bermakna samar atau tidak jelas tidaklah baik untuk digunakan dalam artikel, sementara itu sangatlah dianjurkan untuk menggunakan bahasa formal. Salah satu tipsnya, cobalah pikirkan tentang produk maupun sebuah servis dan nyatakan dengan pemakaian kata-kata yang tepat.
  4. Hindarilah penggunaan kata sifat seperti “rad”, “fly”, atau “totally bodacious”. Banyak para pembaca tulisan bisnis menilai kata “super” atau “awesome” sebagai bahasa anak-anak. Jagalah selalu formalitas tulisan, jangan gunakan kata-kata bersuku kata banyak (polysyllabic) hanya demi memuaskan pembaca. Jika pembaca sampai harus melihat kamus hanya untuk mengerti tulisan anda, maka anda telah gagal dalam tulisan tersebut.
  5. Carilah kosakata-kosakata populer dan pergunakanlah dalam tulisan anda. Saat anda telah terbiasa dalam menulis artikel bahasa Inggris, anda akan dapat mengetahui kata-kata sifat (adjectives) apa saja yang ingin didengar oleh para pembaca tulisan anda. Gunakanlah kata-tersebut dalam tulisan-tulisan bisnis berbahasa Inggris anda selanjutnya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s