Surat Terima Kasih Bahasa Inggris

Sebuah organisasi bisnis tentunya tidak bisa berdiri sendiri. Dia harus bekerjasama dengan banyak pihak seperti bank, agen asuransi, vendor, pelanggan, marketer, pekerja dan yang lainnya.

Saat banyak pihak seperi ini bekerja sama tentunya ada saatnya kamu membutuhkan surat terima kasih bahasa inggris untuk menunjukkan appresiasi dan penghargaan terhadap pihak-pihak yang telah membantu kesuksesanmu.

Surat bisnis terima kasih efektif bila dikirimkan dalam waktu 48 jam setelah rapat (meeting), teleconference, seminar, workshop, ataupun penandatanganan kontrak kerjasama. Surat ini dapat memberitahukan kepada penerima surat bahwa kita senang bekerjasama dan dapat juga mengeratkan hubungan kita dengan partner bisnis kita.

Beberapa jenis surat terima kasih

Aturan menulis surat terima kasih

  1. Tulis nama penerima. Tidak hanya surat terima kasih saja yang harus kamu sebutkan nama penerimanya tetapi semua jenis surat lainnya juga perlu. Lebih baik nama orang yang kamu kirimkan surat disebutkan di surat daripada hanya menuliskan gelarnya atau jabatannya saja.
  2. Ikuti format surat bisnis dengan baik. Sertakan tanggal, nama dan alamat penerima. Bagi badan surat menjadi tiga bagian. Mulai surat dengan ucapan terima kasih kepada pembaca karena kesempatan yang telah diberikan, dilanjutkan dengan rencana ke depan, kebaikan yang akan didapatkan, dan akhiri dengan apresiasi.
  3. Pakailah gaya tulisan yang sesuai berdasarkan hubungan kita dengan penerima surat.
  4. Bersikap jujur. Jangan menulis surat terima kasih begitu saja. Tetapi nada bicara yang ada ditulisanpun juga harus baik. Pada umumnya orang lain bisa merasa kalau orang yang mengirim surat tidaklah jujur.
  5. Hindari membicarakan hal-hal lain yang tidak berhubungan. Tujuan dari mengirim surat sebenarnya adalah menyatakan terima kasih. Oleh karena itu tetaplah memegang prinsip tersebut.
  6. Tutup surat dengan baik. Sebagai contoh kamu bisa menyatakan terima kasih atau kamu bisa memberi harapan untuk berhubungan lagi di masa yang akan datang.
  7. Padat, tepat dan berisi. Buat isi surat tetap singkat dan simple. Dengan surat yang simple kamu sudah harus bisa menyampaikan pesan yang ingin kamu sampaikan.
  8. Jika memungkinkan, tulis surat dengan tulisan tangan. Tulisan tangan memberikan kesan bahwa surat ditulis dengan niat yang baik untuk berterima kasih.
  9. Periksa surat beberapa kali untuk menghindari kesalahan penulisan dan grammar. Kesalahan seperti ini bisa membuat pembaca surat mendapatkan kesan bahwa penulis surat tidaklah tulus dalam menulis surat.
  10. Kirim surat sesegera mungkin. Misalkan saja seseorang baru saja memberimu sebuah hadiah. Idealnya kamu harus menulis surat kurang dari 24 jam setelah menerima hadiah. Surat terima kasih yang dikirim dua atau tiga minggu kemudian tidaklah memiliki nilai yang begitu berarti.

3 thoughts on “Surat Terima Kasih Bahasa Inggris

  1. Rio October 9, 2014 / 15:05

    bagaimana mengucapkan “senang berbisnis dengan anda” dalam bahasa inggris? untuk kebutuhan percakapan email tentang bisnis.

    Terimakasih

    • jujubandung October 9, 2014 / 15:21

      Kata-kata berikut bisa digunakan:

      It was a pleasure to do business with you.
      It was a pleasure doing business with you and your company.
      It’s been a pleasure doing business with you.
      It has truly been a pleasure doing business with you.

  2. theresia December 19, 2014 / 12:07

    Bagaimana mengucapkan terima kasih karena sudah diterima kerja??
    Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s