Bahaya Mengintai dari “Ring of Fire”

Bisakah suatu daerah di bumi ini mengalami bencana alam setiap harinya? Dalam kasus “Ring of Fire” kejadian tersebut tampaknya merupakan sebuah kenyataan. Zona di Lautan Pasifik ini terdiri dari 2/3 gunung berapi diseluruh dunia sehingga membuat daerah ini selalu “menikmati” aktivitas gempa setiap saatnya serta membuat segala kejadian di daerah lain di bumi ini menjadi biasa saja. Para peneliti secara terus menerus berusaha mengerti tentang gejala gunung berapi Ring of Fire dan memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya.

Bagaimana Ring of Fire bisa terjadi sementara lempeng-lempeng tektonik telah menyebar keseluruh bumi sejak dahulu kala? Dalam kasus spesial ini, Ring of Fire terjadi akibat berkumpulnya aktivitas seismik di daerah tersebut sehingga menyebabkan area ini menjadi area berbahaya buat seluruh makhluk hidup. Beberapa aktivitas seismik tersebut adalah tersubduksinya Lempeng Nazca bersamaan dengan lempeng Cocos di bawah lempeng Amerika Selatan. Secara bersamaan Lempeng Cocos juga tersubduksi di bawah Lempeng Karibia. Sementara itu Lempeng Pasifik dan Lempeng Juan de Fuca tersubduksi di bawah lempeng Amerika Utara. Selain itu juga bagian Barat lempeng Pasifik tersubduksi didekat semenanjung Kamchatka.

Aktivitas seismik banyak terjadi pada bagian Selatan Ring of Fire. Sebagai contohnya adalah tepi lempeng Pasifik yang bertubrukan dengan lempeng lebih kecil didekat pulau Mariana, Tonga, dan Selandia Baru. Unsur paling aktif di Ring of Fire (daerah paling aktif di bumi ini) yaitu patahan San Andreas di California dan Patahan Quenn Charlotte di British Columbia.

Zona subduksi Ring of Fire

Bagaimana zona subduksi bisa menjadi sangat bermasalah sangatlah jelas bila kita melihat contoh nyata apa yang terjadi di Ring of Fire (istilah Indonesianya yaitu lingkaran api Pasifik). Dalam kasus Chile, gempa bumi terbesar yang pernah ada terjadi terjadi di sini di daerah zona subduksi (area terjadinya penekukan lempeng bumi) pada tahun 1960. Penjelasan berikut dapat menggambarkan bagaimana gempa bumi Chile dapat terjadi yaitu ketika bagian-bagian kecil yang putus dari lempeng tektonik tetap berada di daerah bawah kerak bumi atau dibagian hulu mantel bumi dan saat potongan-potongan ini mulai bergerak kita bisa melihat gempa bumi mampu membelah bumi menjadi dua dan sebagian dari potongan bumi tersebut dapat naik beberapa meter ketika gempa bumi ini terjadi.

Bahaya Tsunami dibalik gempa bumi

Kita telah mengetahui bagaimana ganasnya gempa bumi di tahun 2004 disertai dengan bencana Tsunami di wilayah Samudera India. Terus naiknya permukaan laut dapat menjadi masalah berat buat dunia dan daerah pesisir pantai paling terkena dampaknya ketika gempa bumi yang diikuti Tsunami terjadi dan menyapu habis seluruh pantai hanya dalam hitungan jam. Salah satu contoh lain dahsyatnya Tsunami yaitu ketika gempa bumi di Haiti terjadi tahun 2010. Meskipun Haiti tidak terletak di wilayah Ring of Fire namun penduduk bagian Barat kota Port-au-Prince menyaksikan bagaimana Tsunami menyapu pantai-pantai di kota tersebut dengan diikuti oleh erosi pesisir pantai.

Para penduduk di wilayah Ring of Fire sangat sadar bagaimana bahaya bencana alam dapat terjadi setiap saatnya. Pada patahan San Andreas gempa bumi terjadi setiap harinya walaupun sebagian dari gempa tersebut sagatlah kecil untuk bisa disadari oleh masyarakat umum. Pada beberapa kasus terjadinya gempa bumi dapat sangat mengerikan dibandingkan dengan semua kejadian di bumi ini seperti kejadian gempa bumi di San Francisco tahun 1906 dan 1989.

Bila kita melihat secara statistik dan fakta bahwa tidak ada tempat paling berbahaya di dunia ini selain di Ring of Fire dengan sejumlah gunung berapinya baik aktif maupun tidak aktif. Walaupun Ring of Fire merupakan wilayah berbahaya tetapi lokasi-lokasi terindah di bumi ini juga terletak di Ring of Fire, sebagai contohnya adalah California, negara-negara kepulauan pasifik, Amerika Selatan, dan sejumlah negara-negara di Asia.

Bahaya Mengintai dari Ring of Fire

Gunung, Photo used under Creative Commons from warrenski

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s