Penyesuaian Tubuh Manusia Terhadap Suhu dan Cuaca

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa manusia berkulit putih, hitam, ataupun kulit lainnya cocok untuk temperatur tertentu. Tetapi apakah hal tersebut benar? Ok, mari kita berbicara tentang manusia berkulit putih atau caucasian dalam bahasa ilmiahnya (atau “bule” dalam bahasa kita). Apakah temperatur ideal untuk orang berkulit putih?

Secara faktanya mengutip makalah tahun 1963 pada jurnal Applied Physiology dengan judul “Heat reactions of Caucasians in temperate, in hot, dry, and in hot, humid climates,” oleh CH Wyndham, RK MacPherson, Et al: “Orang berkulit putih dapat menyesuaikan suhu tubuhnya dengan lingkungan tempat mereka baru saja pindah dengan cara mereset kondisi biologi tubuh mereka sebanyak setengah mulai dari tempat mereka berasal dan tempat mereka berada terkini”

Meskipun studi tersebut tidak menyebutkan tentang kemampuan gen asli di daerah kering dan panas seperti Africa maupun didaerah dengan kelembaban tinggi seperti didaerah kepulauan namun studi tersebut telah menunjukkan kemampuan bagaimana tubuh beradaptasi terhadap perubahan cuaca, suhu, dan iklim. Berdasarkan studi tersebut kita dapat membayangkan ada orang bule tinggal di daerah gurun nan tandus dengan temperatur mencapai lebih dari 43 0C pada musim panasnya menyesuaikan suhu tubuhnya dengan lingkungan. Darah akan menipis dan tubuh menyesuaikan diri terhadap lingkungan baru, suhu baru, dan cuaca baru dengan sangat baiknya. Tetapi ilustrasi tersebut dapat terjadi bila bule tersebut mengurangi waktu terpapar matahari dan lebih banyak berada di ruangan dengan AC tentunya.

Melakukan aktivitas-aktivitas di cuaca panas secara teratur seperti berjalan, berlari, dan bersepeda dapat membuat tubuh kita menyesuaikan diri terhadap kondisi cuaca panas baik hal itu suhu tubuh maupun kandungan air dalam tubuh. Perubahan-perubahan pada tubuh kita dikarenakan aktivitas-aktivitas pada cuaca panas dapat membuat tubuh mengingat kondisi tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s