8 Hal Utama yang Akan Anda Pelajari Waktu Mengikuti Pelatihan Fire and Electrical Safety

Jika anda berpikir untuk mengikuti pelatihan fire and electrical safety (a.k.a. pelatihan pemadaman api dan keselamatan kelistrikan) serta ingin mengetahui tentang apa sebenarnya pelatihan tersebut maka artikel ini cocok buat anda. Dalam daftar di bawah anda akan menemukan 8 hal utama dalam pelatihan fire and electrical safety dilengkapi dengan deskripsi singkat.

  1. Selama pelatihan fire and electrical safety anda akan mendapat kesempatan untuk belajar apakah perencanaan pemadaman api, bagaimana merencanakan pemadaman api, dan apa tujuannya. Selain itu anda juga akan belajar tentang syarat-syarat pintu darurat, bagaimana cara menginstruksikan karyawan bila ada emergensi, apa yang harus dilakukan saat evakuasi, dan semua prosedur lain dalam merespon terjadinya kebakaran.
  2. P.A.S.S. – adalah singkatan untuk mengingat langkah demi langkah memadamkan api dengan Alat Pemadam Api Ringan (alias A.P.A.R.). Empat huruf tersebut yaitu Pull (tarik), Aim (arahkan), Squeeze (tekan), dan Sweep. “Pull” mengandung arti tariklah pin untuk membuka segel plastik, “Aim” berarti arahkan pada sumber api, “squeezing” mempunyai arti tekan handle secara bersama-sama, dan “sweep” berarti sapu (arahkan) dari satu sisi ke sisi lainnya dan juga sebaliknya.
  3. Singkatan lain yang akan anda dapatkan selama pelatihan fire and electrical safety adalah R.A.C.E. Singkatan ini digunakan untuk merencanakan SOP dalam kasus-kasus emergensi bila terjadi kebakaran. “R’ berarti rescue, “A” untuk Alarm, “C” untuk contain, dan “E” yaitu extinguish.
  4. Kata “rescue” berarti segera hentikan semua aktivitas serta pindahkan dan jauhkan semua barang yang ditemukan dari api. “Alarm” berarti aktifkan semua alarm kebakaran yang ditemukan di sekitar serta memanggil tim pemadam api dan bagian informasi.
  5. “Contain” mempunyai arti tutup semua pintu dan jendela sepanjang perjalan menyelamatkan diri dengan tujuan mengisolir dan mencegah api untuk menyebar. “Extinguish” berarti memadamkan api menggunakan APAR terdekat dan ikuti prosedur yang diberikan di atas.
  6. Setelah pelatihan pemadaman kebakaran, anda akan diperkenalkan ke keselamatan kelistrikan (a.k.a. electrical safety) dan anda akan mengetahui beberapa tindakan pencegahan yang setiap karyawan lain juga harus tahu.
  7. Untuk mereka yang bekerja di bidang medis, pelatihan electrical safety mempunyai beberapa bagian detail mengenai electrical safety pasien. Lebih spesifik lagi, tenaga medis akan mengetahui bagaimana caranya mengamankan peralatan listrik dan bagaimana melaporkan insiden yang melibatkan kesalahan peralatan.
  8. Tenaga medis diinstruksikan untuk lebih memperhatikan daya listrik dan kabel listrik serta memberitahukan kepada pihak manajemen dalam hal kerusakan apapun yang terdeteksi. Pelatihan electrical safety akan mengajarkan kepada anda bagaimana prosedur untuk melaporkan bahaya-bahaya yang melibatkan listrik.

Daftar diatas bisa saja terus berlanjut, tetapi daftar di atas adalah topik-topik penting yang diajarkan selama pelatihan fire and electrical safety. Informasi di atas harusnya sudah bisa menolong anda memberikan gambaran keseluruhan tentang apa sih sebenarnya training ini. Daftar lengkap dari training ini bisa anda temukan dimana saja secara online di setiap website perusahaan training keselamatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s