Pemilihan Gula dan Kolesterol Anda

Apa yang seharusnya kita lakukan dalam menjaga kesehatan kita? Kebanyakan kita bingung dalam memilih apa yang baik dan buruk bagi kesehatan kita. Sering kita mendengar istilah lemak baik dan lemak jahat; kolesterol baik dan kolesterol jahat; gula baik dan gula jahat; vitamin baik dan vitamin jahat; Omega bagus dan omega biasa. Beberapa informasi kesehatan seperti omega-3 dari biji rami bagus tetapi hanya bisa diserap kurang dari 1% oleh tubuh dan kebanyakan vitamin terbuat dari batu-bara dan minyak bumi, serta informasi-informasi lainnya telah membuat kita bingung memilih. Apa yang sebaiknya kita lakukan dalam memilih hal-hal tersebut?

Tujuan kita seharusnya adalah mempelajari apa yang terbaik bagi tubuh kita dan tinggalkan semua yang berdampak buruk untuk kesehatan kita. Jika hal tersebut baik bagi tubuh, otak, dan pikiran sudah seharusnya kita mempelajari dan melaksanakannya.

Pertama, kita (semuanya) yang tidak mempunyai pengetahuan dalam bidang kesehatan harus menghindari pemikiran kolesterol baik Vs Kolesterol buruk. Akan lebih baik apabila kita memulai dari pemikiran keduanya baik bagi tubuh ketika kelebihan HDL dan kekurangan LDL.

Literatur menyebutkan kolesterol merupakan lemak penting dalam tubuh dikarenakan peranannya dalam membentuk hormon-hormon utama. Sebagai bagian dari Total kolesterol yaitu LDL (low-density lipoprotein) dan HDL (high-density lipoprotein).

Kenapa HDL dikatakan kolesterol baik dan LDL kolesterol jahat?
LDL disebut jahat karena dapat menumpuk di arteri yang dapat menyebabkan pelambatan aliran darah maupun menghalangi aliran darah. Dan salah satu alasan HDL disebut kolesterol baik karena dapat menghilangkan LDL. Kita dapat mengingat HDL sebagai pahlawan dan LDL mematikan.

Sementara itu penyakit kardiovaskuler merupakan pembunuh nomor satu didunia dengan kematian sebanyak 18 juta setiap tahunnya. Lebih dari 81 juta orang dewasa di Amerika atau satu dari 3 orang dewasa Amerika memiliki satu jenis maupun lebih penyakit kardiovaskuler. Dan 38 juta orang dewasa berumur diatas 60 tahun menderita penyakit kardiovaskuler ini.

Sebagaimana diketahui bahwa asam lemak esensial Omega-3 adalah Asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acid/PUFA) yang memainkan peran penting dalam fungsi otak, pertumbuhan normal, dan dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menyebutkan Omega-3 menurunkan total kolesterol dan meningkatkan HDL. Beberapa data terlihat bertentangan dikarenakan kemungkinan kualitas dari minyak dengan kandungan omega-3. Kini kita telah telah banyak mendapatkan hasil penelitian yang menyebutkan ketika omega-3 berkualitas ditambahkan dalam program berat badan maka keberhasilannya sangat cepat.

Berdasarkan literatur gula meja dapat menyebabkan berkurangnya fungsi dari albumin dan lipoprotein yang dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menangani lemak dan kolesterol serta meningkatkan kadar lemak di hati. Tubuh kita dapat merubah gula meja biasa menjadi 2 sampai 5 kali lipat lemak lebih banyak bila dibandingkan dengan lemak yang didapatkan dari pati dalam aliran darah. Sebuah penelitian menyebutkan gula meja dapat meningkatkan kolesterol selain itu disebutkan juga gula trehalose yang baik sebenarnya menghambat pembesaran sel lemak dan juga menghambat perkembangan diabetes tipe 2.

Sementara itu trigliserida (triglycerides) dapat membentuk lemak dalam darah anda serta Kadar trigliserida yang tinggi dalam tubuh sangatlah tidak sehat. Dari sebuah penelitian lain juga menyebutkan gula meja biasa dapat menyebabkan kenaikan trigliserida dan menurunkan kadar trehalose yang dikabarkan bahwa trehalose dapat membantu penderita diabetes, penyakit ginjal, penurunan fungsi syaraf, dan penurunan kadar trigliserida. Tentunya penelitian tentang kolesterol baik dan kolesterol jahat masih harus dilanjutkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Reference:
JC Spencer. 2012. Change Your Sugar, Change Your Life!. The Endowment for Medical Research, Inc. 3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s