Terapkan Green Economy untuk Lingkungan yang Lebih Baik

Kerusakan lingkungan terutama pada sumber daya alam dan juga kekayaan lingkungan menjadi momok menakutkan bagi seluruh umat manusia di dunia. Bagaimana tidak, jika kerusakan lingkungan yang semakin bertambah buruk setiap tahunnya tidak segera ditangani, maka yang terjadi adalah kerusakan bumi yang parah. Tak ayal lagi banyak yang menyebutnya sebagai kiamat lingkungan atau berakhirnya fungsi lingkungan yang bermanfaat bagi manusia. Sungguh mengerikan untuk dibayangkan.

Selain kerusakan lingkungan yang berupa sumber daya, kerusakan lingkungan seperti efek rumah kaca juga semakin meningkat. Hal ini menyebabkan bumi menjadi tempat yang tidak lagi nyaman untuk ditinggali baik manusia maupun makhluk hidup lainnya. Oleh karenanya perlu adanya penanganan yang serius dan menyeluruh yang tentunya melibatkan seluruh umat manusia di dunia.

Apa Itu Green Economy?

Salah satu wujud upaya penanggulangan kerusakan lingkungan yang lebih parah, PBB pada tahun 2011 mencetuskan sebuah ide yang dijuluki green economy atau ekonomi hijau. Ekonomi hijau adalah sebuah upaya penyelamatan lingkungan yang melibatkan seluruh negara di dunia yang tergabung dalam organisasi PBB. Ekonomi hijau diterapkan dengan cara penghematan sumber energi seperti listrik, panas, dan sebagainya. Ekonomi hijau memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan hidup manusia.

Penghematan sumber energi dan pelestarian lingkungan yang menjadi prinsip dari gerakan ekonomi hijau memberikan efek yang signifikan terhadap keselamatan lingkungan itu sendiri. Manusia tidak sepatutnya hanya mampu mengeksploitasi lingkungan saja, namun juga harus memiliki usaha untuk melestarikan dan menyelamatkan lingkungan tempat hidupnya untuk kelestarian bumi selanjutnya.

Bagaimana Penerapan Green Economy Sehari-hari?

Penerapan green economy memang tidak mudah. Perlu adanya kesadaran dari setiap individu untuk melakukannya. Selain itu, penyuluhan dan pengenalan lebih lanjut mengenai prinsip kerja ekonomi hijau perlu disosialisasikan secara meluas meliputi berbagai kalangan terutama anak-anak dan remaja. Sosialisasi dini mengenai ekonomi hijau pada anak dan remaja dinilai akan memberi dampak positif yang cukup signifikan bagi kelestarian sumber daya dan penanggulangan kerusakan lingkungan yang lebih lanjut.

Sebagai orang dewasa dan orang tua, ada baiknya jika Anda memberikan contoh yang baik berkaitan dengan konsep green economy. Misalnya menyalakan AC seperlunya, mematikan lampu jika sudah tidak digunakan, menghemat listrik dengan mengurangi penggunaan lampu pada siang hari, melakukan pekerjaan ringan secara manual, menggunakan benda-benda yang dapat didaur ulang, mengurangi penggunaan kantong plastik, dan sebagainya.

Selain itu, orang tua juga dapat memperkenalkan anak-anak pada pentingnya lingkungan bagi kehidupan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengajak mereka mengunjungi tempat-tempat bertemakan lingkungan seperti mengunjungi objek wisata pantai, danau, gunung, dan sebagainya. Kegiatan ini lebih bermanfaat dibandingkan dengan membiarkan anak bermain internet atau video games setiap harinya.

Disisi lain, green economy juga dapat dilakukan dengan pembatasan pengeksploitasian sumber daya alam. Untuk mengantisipasi berkurangnya energi dari alam, dapat dilakukan dengan mengoptimalkan bentuk-bentuk penemuan baru yang lebih menghemat energi. Pada intinya, menerapkan ekonomi hijau dalam kehidupan sehari-hari dengan dimulai dari diri sendiri akan sangat membantu perwujudan lingkungan yang lebih baik untuk masa depan generasi selanjutnya.

Gerakan green economy atau ekonomi hijau memang memiliki banyak manfaat bagi hidup manusia dan lingkungan sekitarnya. Pengendalian diri, penghematan energi, dan bijak dalam memilih produk untuk sehari-hari adalah kunci kesuksesan penerapan ekonomi hijau dalam kehidupan. Namun, masih banyak warga masyarakat yang belum memiliki kesadaran akan pentingnya penerapan ekonomi hijau dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, sebagai orang yang bijak, mari kita terapkan green economy mulai dari diri kita sendiri dan mulai dari lingkungan terdekat kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s