Kurangnya Kepedulian Masyarakat akan Bahaya Pemanasan Global

Kurangnya Kepedulian Masyarakat akan Bahaya Pemanasan Global

Photo used under Creative Commons from nSeika

Salah satu fenomena besar yang terjadi di sekitar kita namun sering kali tidak kita sadari adalah adanya pemanasan global. Banyak orang bertanya-tanya apakah yang dimaksud dengan fenomena ini. Sesungguhnya dampak besar yang kita rasakan di saat sekarang termasuk perubahan iklim yang ekstrim adalah dampak dari peristiwa ini. Dapat kita lihat bahwa pada dasarnya pemanasan suhu di bumi pada zaman dahulu terjadi dalam skala yang wajar.

Sebagian cahaya matahari masuk ke dalam bumi dan di pantulkan keluar. Ada sebagian cahaya yang tepat berada di dalam bumi untuk membuat suhu udara di bumi stabil. Peristiwa ini sering kita kenal dengan nama efek rumah kaca. Dapat kita lihat semakin banyak manusia semakin banyak pula gas buang yang kita ciptakan. Teknologi yang manusia ciptakan membuat jumlah gas buang yang ada semakin besar. Hal ini membuat jumlah paparan matahari yang ada di bumi semakin besar. Paparan sinar matahari tidak dapat keluar dikarenakan adanya gas-gas buang yang menutupi atmosfer bumi. Hal inilah yang memunculkan apa yang sekarang kita kenal dengan pemanasan global.

Ada banyak hal yang sebenarnya dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak dari pemanasan global. Namun sayangnya, kita sering lupa untuk ingat ada hal-hal yang dapat kita lakukan. Kita sering acuh terhadap bumi kita. Kita sering lupa bahwa masih ada kehidupan yang akan menetap di bumi ini setelah kita. Generasi selanjutnya akan mendapatkan dampak yang lebih serius ketika sekarang kita enggan untuk menggunakan semua yang kita miliki dengan bijak.

Tidak akan ada kehidupan yang berkelanjutan ketika kita lupa akan adanya kehidupan di masa yang akan datang. Sering kali kita tidak menyadari bahwa kita berlebih dalam mengeksplorasi kekayaan alam yang ada di bumi. Namun acap kali kita tidak pernah peduli dengan hal tersebut. Kita tidak dapat mengandalkan orang lain untuk merubah keadaan.

Yang perlu kita lakukan adalah berusaha sadar dari dalam diri kita untuk mengurangi efek yang mungkin timbul. Memulai dari diri kita dan menyebarkannya kepada orang lain adalah langkah awal untuk sebuah perubahan. Mulailah dari diri kita untuk melakukan sebuah aksi kecil agar tercipta sebuah perubahan yang radikal dalam benak masing-masing orang. Mulailah untuk berfikir tentang alam agar kita dapat mengurangi efek pemanasan global yang terjadi saat ini.

Langkah kecil untuk mengurangi efek Pemanasan Global.

Sebagai seseorang yang menggunakan planet bumi sebagai tempat untuk bernaung, ada baiknya kita merubah pola hidup kita secara perlahan-lahan. Mulailah untuk menerapkan pola hidup yang lebih ramah lingkungan dari diri anda. Ketika hal ini telah berhasil sebarkanlah kepada orang lain. Anda dapat memulai untuk menanam tanaman di area tempat tinggal anda.

Tanaman menyerap CO2, salah satu gas pemicu adanya pemanasan global. Anda juga dapat memulai untuk menghemat listrik. Listrik dihasilkan dari energi yang tidak dapat diperbaharui yang suatu saat akan habis. Gunakan lampu seperlunya, cabut charger setelah tidak digunakan, maksimalkan pencahayaan alami di rumah, dll.

Langkah kecil lain yang dapat anda lakukan adalah mengurangi penggunaan plastik. Ketika berbelanja anda dapat menggunakan tas belanjaan anda sendiri. Plastik memerlukan waktu ratusan tahun untuk dapat di daur ulang. Selain itu anda dapat pula mengurangi volume menggunakan kendaraan pribadi. Cobalah beralih ke sepeda atau angkutan umum. Banyak lagi hal lain yang dapat dilakukan agar kita menjadi masyarakat yang lebih peka akan isu pemanasan global.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s