Berbagai Usaha Mengurangi Pencemaran Lingkungan

Bumi kita sudah berusia jutaan tahun. Sejak jaman es hingga jaman sekarang. Sudah sepatutnya kita menjaga bumi yang kita tinggali ini. Pencemaran lingkungan sudah semakin banyak sampai pada taraf yang mengkhawatirkan. Manusia seolah lupa bahwa bumi kita tidak bisa bertambah muda, dan malah semakin merusak lingkungan alam sekitar kita. Pencemaran lingkungan yang terus menerus dapat merusak bumi dan dapat membahayakan kita sendiri. Lingkungan yang tercemar dapat menyebabkan penyakit untuk tubuh kita. Siapakah yang patut disalahkan dalam mencemari lingkungan? Jawabannya adalah kita semua. Manusia berkembang dengan pesat sementara alam semakin tertinggal dan dilupakan. Kita terkadang terlalu fokus terhadap masalah kita sendiri sehingga lupa dengan masalah lingkungan. Padahal lingkungan alam lah yang menunjang segala kegiatan kita. Manusia memanfaatkan kekayaan alam tanpa memikirkan akibatnya terhadap lingkungan kita. Pencemaran lingkungan semakin terjadi dengan semakin berkembangnya kehidupan manusia. Padahal seharusnya kita menggunakan teknologi untuk membantu mengurangi pencemaran lingkungan. Ada beberapa usaha yang dapat dilakukan oleh kita sebagai diri sendiri, lalu usaha pemerintah dan juga usaha pengusaha untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan menjaga bumi yang kita tempati.

Usaha pemerintah dan pengusaha dalam menangani pencemaran lingkungan

Pemerintah ikut andil besar dalam membantu mengurangi pencemaran lingkungan. Terdapat banyak program pemerintah yang berfokus kepada mengurangi pencemaran lingkungan untuk kelangsungan umat hidup manusia. Salah satu program pemerintah mengenai lingkungan adalah dengan menyediakan tempat sampah organik dan non-organik sehingga bisa membedakan pada saat pengambilan sampah. Program pemerintah lainnya sehubungan dengan mengurangi pencemaran lingkungan adalah dengan menetapkan peraturan mengenai jumlah limbah yang bisa dibuang suatu pabrik dalam setahunnya. Selain itu, pemerintah juga menetapkan peraturan tentang diberikannya pendidikan lingkungan hidup sebagai salah satu mata pelajaran bagi siswa sekolah. Selain pemerintah, para pengusaha juga sudah mulai menyadari betapa pentingnya lingkungan alam kita sehingga mereka ikut serta berusaha menanggulangi pencemaran lingkungan. Salah satu cara pengusaha mengurangi pencemaran lingkungan adalah dengan membuat produk-produk dengan bahan yang bisa didaur ulang maupun yang gampang diurai oleh tanah. Istilah “Go Green” kini sedang popular diantara produk-produk yang biasa kita pakai. Produk-produk yang semula tidak ramah lingkungan, kini dibuat dari bahan yang lebih ramah lingkungan sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan.

Usaha Kita Dalam Menangani Pencemaran Lingkungan

Kita dapat ikut serta menjaga bumi kita hanya dari hal-hal kecil yang mudah kita lakukan sendiri. Karena menjaga lingkungan haruslah dimulai dengan kita sendiri. Contoh hal kecil yang bisa kita lakukan adalah dengan membiasakan membuang sampah sesuai dengan jenisnya, sampah non-organik maupun sampah organik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat mengurai di dalam tanah dan terkadang dapat menghasilkan manfaat kesuburan terhadap tanah. Sedangkan sampah non-organik tidak dapat diurai oleh tanah sehingga dapat menumpuk dan merusak tanah. Kita pun sebaiknya harus menggunakan produk yang dapat diurai oleh tanah ataupun produk dengan bahan yang dapat didaur ulang sehingga tidak merusak alam. Saat ini sudah banyak barang-barang yang menggunakan bahan ramah lingkungan, sebaiknya kita ikut andil dalam mengurangi pencemaran lingkungan dengan membeli barang-barang yang ramah lingkungan. Sebisa mungkin kita harus mengurangi menggunakan barang-barang yang dapat merusak lingkungan. Jadi, jika bukan kita sendiri, siapa lagi yang dapat menjaga bumi yang kita tempati ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s