Upaya Pelestarian Lingkungan

Kini beberapa pihak yang sangat peduli dengan linkungan hidup sedang menggalakan upaya pelestarian lingkungan guna mencegah bertambahnya kasus kerusakan linkungan yang masih saja terus terjadi. Upaya ini perlu dilakukan agar pihak-pihak lain terutama pihak yang bertanggung jawab timbulnya kerusakan-kerusakan lingkungan ini mempunyai kesadaran untuk ikut serta atau berpartisipasi dalam mendukung dan melakukan pelestarian lingkungan. Apa saja upaya pelestarian lingkungan yang sering digalakan sekarang ini? Berikut adalah daftarnya.

Upaya pelestarian lingkungan daratan:

    1. Kegiatan reboisasi. Reboisasi adalah suatu upaya penanaman tanaman pada daerah-daerah perbukitan, hutan, dan lahan yang luas yang gundul karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Kegiatan reboisasi ini sangat bermanfaat bagi manusia dan makhluk hidup lain karena dengan adanya vegetasi di hutan-hutan, bukit, dan lahan luas lainnya akan mencegah adanya banjir dan kembalinya habitat asli para satwa yang hidup di hutan.
    2. Kegiatan rehabilitasi lahan. rehabiliatsi lahan adalah pengembalian kesuburan tanah atau lahan yang kriitis dan tidak produktif. Lahan atau tanah yang sudah subur dan produktif akan bermanfaat sebagai lahan baru untuk bercocok tanam atau juga bisa dimanfaatkan untuk wilayah perkebunan dan pertanian.
    3. Menjaga dan menciptakan daerah resapan air. Daerah resapan air berupa lahan yang ditumbuhi vegetasi lebat yang berguna untuk menampung air di dalam tanah pada saat hujan. Dengan adanya daerah resapan air ini, para warga yang tinggal di sekitar daerah resapan air akan mendapatkan suplai cadangan air yang cukup banyak dan juga mereka akan terhindar dari bahaya banjir karena hujan lebat.
    4. Pengaturan pola tata ruang wilayah dan tata guna lahan
    5. Pembangunan terasering/ sengkedan pada daerah-daerah pertanian yang mempunyai postur tanah miring. Terasering ini juga berfungsi untuk mencegah erosi.
    6. Metode tumpang sari dan tumpang gilir untuk mencegah unsur hara dalam tanah dimakan oleh satu jenis tanaman saja.
    7. Pembangunan green area di dalam kota untuk menciptakan udara yang bersih, segar, dan sejuk.

Sedangkan upaya pelestarian perairan bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

    1. Adanya larangan pembuangan limbah atau sisa industri, pertambangan, dan rumah tangga di sungai, laut, atau wilayah perairan lainnya. Upaya ini perlu dilakukan untuk mencegah rusaknya ekosistem perairan yang dapat menyebakan matinya makhluk-makhluk air.
    2. Pengadaan tempat sampah khususnya di objek-objek wisata perairan seperti pantai, danau, air terjun, dll.
    3. Hindari adanya kebocoran tangki-tangki pengangkut minyak di wilayah perairan.
    4. Pemberlakuan SIPA (Surat Izin Pengambilan Air) khususnya untuk keperluan industri
    5. Adanya usaha penetralisasi limbah sebelum dibuang ke sungai atau wilayah perairan lainnya.
    6. Adanya pengontrolan kadar polusi udara dan air
    7. Diperlakukannya tindakan penegakan hukum bagi para pelaku penangkapan ikan dengan pukat harimau dan bahan peledak
    8. Adanya usaha pencagaran beberapa wilayah perairan yang mempunyai potensi sumber daya laut yang tinggi seperti Taman Laut Bunaken dan Kepulauan seribu agar semua flora dan fauna laut akan hidup lestari tanpa mengalami kerusakan karena ulah manusia.

Dengan melakukan beberapa upaya pelestarian baik wilayah daratan maupun perairan lingkungan kita akan kembali normal dan pastinya akan membawa dampak yang positif bagi kehidupan manusia khususnya bagi para generasi manusia selanjutnya. Para generasi kita dijamin akan mempunyai lingkungan alam yang baik dan sehat untuk mereka. Namun perlu diingat bahwa sebaiknya kita selalu jaga lingkungan ini agar senantiasa selalu baik karena kita sudah melakukan upaya-upaya pelestarian lingkungan dengan proses yang cukup lama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s