Tujuan dan Tugas dari Duta Lingkungan

Isu lingkungan bukan lagi sekedar wacana yang sering dibahas di berbagai seminar karena kini masyarakat Indonesia dan bahkan dunia sudah mulai merasakan akibat kerusakan lingkungan yang terjadi di berbagai tempat. Keberadaan manusia di dunia memang ditujukan sebagai pemimpin yang dengan kemampuan akalnya mampu memanfaatkan berbagai macam hasil alam untuk pemenuhan kebutuhan hidup, tetapi sebagai pemimpin manusia juga perlu menggunakan kebijaksanaan yang dimiliki dari hati untuk memastikan bahwa alam masih bisa terjaga meskipun manusia memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun demikian, perkembangan populasi manusia yang pesat dan pertumbuhan industri yang meningkat tajam dari waktu ke waktu menyebabkan pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkendali karena banyak oknum yang hanya mementingkan keuntungan material semata tanpa mempertimbangkan tanggung jawab terhadap alam setelah pemanfaatan tersebut yang sebenarnya harus dilakukan. Baik masyarakat maupun pelaku bisnis di bidang industri maupun pemanfaatan sumber daya alam tidak tahu atau tidak mau tahu dengan pelestarian alam selama mereka bisa mendapatkan keuntungan secara ekonomi melalui alam sehingga degradasi lingkungan tidak bisa dihindari. Andil pemerintah sendiri tidak cukup kuat untuk mencegah apalagi menanggulangi kerusakan alam yang terjadi saat ini. Namun demikian, dengan semakin banyaknya dampak buruk yang dialami oleh masyarakat luas, kesadaran untuk menyadarkan masyarakat mengenai degradasi lingkungan yang ada mulai muncul terbukti dengan adanya pemilihan duta lingkungan baik lokal maupun nasional.

Tujuan Pemilihan Duta Lingkungan

Ajang pemilihan putri-putri di Indonesia memang bukan hal baru karena hal ini sudah sering diadakan. Meskipun ada pula isu lingkungan yang dilibatkan dalam tugas yang harus dijalankan oleh putri terpilih, tidak bisa dipungkiri bahwa lingkungan bukan isu utama yang disebarkan dan disampaikan oleh putri terpilih. Oleh karena itu, pemilihan duta lingkungan dilakukan agar ada seorang duta yang mengkhususkan diri menjalankan tugas yang berkaitan dengan isu lingkungan yang kian hari kian membawa pengaruh buruk terhadap kehidupan masyarakat Indonesia serta membawa kerugian yang tidak sedikit. Pemahaman masyarakat sekaligus pemerintah daerah di era otonomi sekarang ini perlu ditingkatkan mengenai berbagai isu lingkungan yang muncul akibat pemanfaatan sumber daya alam yang berlebihan serta lemahnya regulasi peraturan yang berkaitan dengan pelestarian terhadap alam setelah eksploitasi sumber daya. Kebanyakan duta lingkungan yang dipilih adalah wanita dengan paras rupawan, tetapi paras rupawan bukan satu-satunya hal yang menjual demi memuluskan misi duta lingkungan karena kepandaian dari sang duta pun sangat diperlukan apalagi jika berkaitan dengan negosiasi sekaligus penyuluhan terhadapap masyarakat.

Tugas Duta Lingkungan

Paras rupawan yang dimiliki oleh sebagian besar duta lingkungan baik daerah maupun nasional rupanya membawa beban tugas yang tidak mudah karena ada banyak pekerjaan rumah mengenai lingkungan yang perlu diselesaikan oleh pemerintah dan masyarakat sekaligus. Berikut ini adalah beberapa tugas yang dilakukan oleh duta lingkungan.

  • Kunjungan ke berbagai wilayah di Indonesia merupakan garis besar tugas yang harus dilakukan oleh duta lingkungan demi menyebarkan isu lingkungan yang penting kepada masyarakat yang lebih luas.
  • Ada pula berbagai macam penggalangan dana yang harus dihadiri oleh duta lingkungan dalam rangka perbaikan lingkungan misalnya.
  • Duta lingkungan juga bertugas untuk membangun kerjasama dengan LSM yang bergerak di bidang lingkungan sebagai penyambung lidah.

Pada dasarnya, usaha penyebaran isu lingkungan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat, pelaku industri, serta pemerintah setempat bisa dilakukan dengan beragam cara termasuk melalui kegiatan kesenian sehingga bukan hal yang aneh jika ada pula beberapa duta lingkungan yang berasal dari kalangan seniman maupun selebriti.

One thought on “Tujuan dan Tugas dari Duta Lingkungan

  1. shara January 6, 2015 / 20:36

    Oh saya baru mengerti mengapa saya dipilih menjdi duta lingkungan di sekolah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s