Perhatikan Lingkungan Anda

Lingkungan sekitar kita adalah suatu aspek kehidupan yang tak kalah pentingnya dengan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan kita adalah sesuatu yang harus kita penuhi untuk tetap bertahan hidup. Hal ini juga berlaku pada lingkungan sekitar kita. Lingkungan sekitar kita harus kita jaga kelestariannya agar kita tetap dapat bertahan hidup di lingkungan tersebut. Perusakan alam dan lingkungan sekitar kita terjadi oleh beberapa hal, contohnya adalah ulah manusia dan akibat kejadian yang ditimbulkan oleh alam itu sendiri. Perusakan yang dilakukan oleh manusia sangatlah sering terjadi dan itu dapat merusak keseimbangan ekosistem kita. Oleh karena itu, kita sebagai umat manusia harus menjaga dengan sebaik mungkin keseimbangan alam dan lingkungan dimana kita tinggal. Alam juga dapat rusak karena kejadian yang terjadi pada alam lingkungan itu sendiri. Kita dapat ambil contoh dari kejadian yang terjadi beberapa waktu yang lalu di Indonesia. Ledakan merapi adalah kejadian yang terjadi bukan karena ulah manusia, namun karena siklus yang memang sudah harus terjadi untuk suatu gunung berapi yang masih aktif. Kejadian tersebut menyebabkan kerusakan di lingkungan sekitar gunung berapi tersebut. Beberapa hutan rusak dan sungai juga tertutup oleh material yang dikeluarkan karena ledakan tersebut. Namun, dibalik peristiwa yang merusak alam lingkungan sekitar tersebut, terjadi beberapa hal yang sangat berguna bagi kehidupan manusia sekitar. Perlahan-lahan alam sekitar mulai pulih dan kembali menjadi seperti semula. Bahkan material yang tadinya menyebabkan kerusakan, lambat laun mulai dapat dimanfaatkan. Selain itu, material seperti abu dan material lain juga berguna untuk menyuburkan tanah yang ada di sekitar gunung tersebut. Sehingga, semua keadaan berangsur-angsur pulih dan kembali seperti semula. Siklus tersebut yang kita sebut daya lenting lingkungan, yaitu kemampuan lingkungan untuk pulih ke keadaan semula setelah terjadi suatu keadaan yang dapat merusaknya.

Jaga lingkungan sekitar anda

Daya lenting yang dimiliki oleh lingkungan kita tentu saja memiliki keterbatasan. Oleh karena itu, kita sebagai umat manusia tidak boleh terlalu rakus dalam memanfaatkan lingkungan sekitar kita. Kita ambil saja contoh, beberapa manusia yang tidak bertanggung jawab yang menebang kayu di hutan dengan sesuka hati mereka. Hutan kita memang luas, namun apabila setiap hari terjadi perusakan, maka daya lenting yang dimiliki oleh lingkungan tidak akan mampu untuk pulih karena perusakan yang berlebihan. Sehingga, kita harus memenuhi peraturan yang di tetapkan oleh pemerintah dalam melakukan penebangan pohon. Kita dapat memulai dari diri kita sendiri dan memulai dari hal yang kecil. Bagi masyarakat perkotaan, dapat memulai untuk memilih transportasi publik yang sekaligus dapat mengurangi polusi udara yang ditimbulkan. Apabila kita menggunakan kendaraan pribadi, maka polusi yang ada akan semakin banyak. Namun, apabila kebanyakan orang memilih untuk memakai jasa transportasi publik, maka polusi dapat ditekan. Pada akhirnya alam akan dapat pulih kembali perlahan-lahan.

Perpaduan yang tepat antara kemampuan lingkungan untuk pulih kembali dengan pola hidup manusia yang sangat ramah lingkungan akan menimbulkan dampak yang sangat positif bagi keadaan lingkungan kita. Keadaan lingkungan kita akan menjadi semakin hijau dan udara juga lambat laun akan berubah menjadi segar kembali. Tidak perlu memikirkan hal yang besar, kita dapat memulai dari diri kita sendiri untuk membuat alam kembali pada kondisi semula. Dengan diri kita sendiri yang berubah, maka orang lain akan tergerak hatinya untuk dapat berubah dan turut serta menjaga keadaan lingkungan sekitar kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s