Pengajaran Mengenai Cinta Lingkungan Untuk Anak-anak

Rasa cinta lingkungan sebenarnya adalah satu nilai kehidupan yang sebaiknya ditanamkan kepada semua orang saat mereka masih kecil. Tujuan utamanya adalah untuk membiasakan diri untuk mencintai lingkungan sejak dini dan seterusnya. Jika anda adalah seseorang yang sadar akan pentingnya peran lingkungan dan anda mempunyai beberapa buah hati, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan guna membuat buah hati anda mencintai lingkungan sejak dini. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, sangat diharapkan bahwa buah hati anda akan mengetahui cara menghargai lingkungan sejak dini dan bisa menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan baik hingga dia dewasa nanti. Berikut adalah beberapa cara mudah yang tentunya akan bisa anda terapkan kepada diri anda dan juga anak anda tanpa kesulitan yang berarti.

Hal pertama yang bisa dikatakan mudah untuk diajarkan kepada anak-anak dengan tujuan mengenalkan mereka terhadap rasa cinta lingkungan adalah kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Anda bisa megenalkan kebiasaan ini dengan menempatkan beberapa tempat sampah di area rumah anda dengan tujuan menjaga kebersihan lingkungan sekitar anda dan anak anda tinggal. Tentu, jika anda mau anda juga bisa mengajarkan bahwa akan lebih baik jika sebaiknya sampah dibuang berdasarkan jenisnya. Selain itu, anda juga bisa mengajarkan mengenai penggunaan air bersih dengan secukupnya saja. Air merupakan satu hal yang harus dihemat karena sebenarnya krisis air bersih adalah hal yang sangat mungkin terjadi. Ada sekali banyak contoh yang bisa anda sampaikan kepada anak anda yang mengacu pada pentingnya hal tersebut. Dengan memberi pengertian yang tepat kepada anak anda, mereka tentunya akan mengerti bahwa dengan menghemat air bersih, kita juga bisa menghemat biaya kehidupan sehari-hari, termasuk biaya listrik yang harus dibayar setiap bulannya. Menumbuhkan rasa cinta lingkungan dengan membiasakan hidup secara sehat juga bisa diajarkan kepada anak anda. Jika anak anda sudah terbiasa untuk tidur di kamar mereka sendiri, anda bisa mengajarkan mereka untuk membuat jadwal bersih-bersih kamar. Cara semacam ini tidak hanya membantu mereka untuk hidup sehat dan juga mencintai lingkungan tempat mereka tinggal, tetapi juga mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab atas tempat tinggal mereka sendiri.

Selain berbagai macam cara yang bisa diaplikasikan di dalam rumah seperti yang sudah dicontohkan, anda juga bisa menerapkan beberapa cara yang cocok untuk dilakukan di luar rumah untuk memupuk rasa cinta lingkungan di dalam diri anak anda. Anda bisa membantu anak anda untuk menanam beberapa jenis pohon dan tanaman sambil menjelaskan bahwa semakin banyak pohon dan tanaman itu bagus untuk lingkungan. Selain itu, anda juga bisa memberitahukan kepada mereka bahwa banyak pohon berarti banyak oksigen. Jika anda tidak mempunyai lahan yang cukup luas untuk ini, anda bisa membuat taman di halaman depan atau belakang rumah anda. Kegiatan seperti ini bisa dilakukan di hari minggu guna mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif. Kegiatan lain yang juga bisa anda ajarkan kepada anak anda adalah mendaur ulang beberapa benda yang sudah tidak digunakan. Poin utama dari pengajaran ini adalah mengurangi pembuangan sampah karena tidak semua jenis sampah bisa dicerna dengan baik oleh alam. Yang membuat kegiatan ini menjadi semakin positif adalah bahwa dengan melakukan daur ulang, anak anda tidak hanya akan bersahabat lebih erat dengan alam, tetapi juga menjadi semakin kreatif.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s