Pahami dan Mengerti Ilmu Lingkungan

Ilmu lingkungan adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang segala aspek dan komponen yang berada di lingkungan alam kita. Pada umumnya, orang mengenal kaitan yang erat antara ilmu lingkungan dengan biologi. Pemikiran orang-orang mengenai hal ini tidaklah salah. Biologi memang sebagian besar mempelajari aspek-aspek alam, dan hal ini juga senada dengan hal yang dipelajari dalam ilmu lingkungan. Namun, secara sadar ataupun tidak, ilmu lingkungan juga memiliki kaitan untuk disiplin ilmu yang lain. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kaitan antara ilmu lingkungan dengan beberapa dispilin ilmu yang lain selain biologi.

Ilmu lingkungan dan kaitannya dengan Ilmu Teknik

Selain dengan biologi, ilmu lingkungan juga memiliki kaitan dengan ilmu teknik. Salah satu teknik yang berkaitan adalah teknik mesin. Kita dapat lihat beberapa contoh nyata, beberapa produsen kendaraan bermotor mulai berpikir bagaimana menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan. Dari sini kita lihat kaitannya bahwa produsen tersebut ingin menciptakan suatu mesin yang tidak menimbulkan dampak yang besar terhadap kerusakan lingkungan. Para ahli mulai berpikir bahwa mesin yang tidak dirancang dengan baik, hanya akan menimbulkan kerusakan pada lingkungan yang kita diami. Oleh karena itu, mereka mulai menciptakan kendaraan ramah lingkungan untuk membantu manusia dan tetap menjaga kondisi lingkungan. Selain dengan teknik mesin, tentu saja ilmu lingkungan juga memiliki kaitan dengan teknik yang lain. Ilmu teknik lain yang juga memiliki kaitan dengan ilmu lingkungan adalah teknik arsitektur. Dewasa ini, perusakan lingkungan sangat marak terjadi. Dan hal ini menimbulkan keresahan yang mendalam bagi beberapa aktifis lingkungan hidup. Disinilah letak keterkaitan antara arsitektur dengan ilmu lingkungan. Ahli arsitektur harus memiliki pengertian yang baik mengenai ilmu lingkungan. Dengan adanya pengertian dan pemahaman yang mendalam akan ilmu lingkungan, maka arsitek tersebut akan terus memperhatikan kelayakan hasil karyanya dengan lingkungan sekitar.

Tentu saja dalam membangun sebuah gedung, para arsitektur harus mempertimbangkan dampak yang pasti akan terjadi pada lingkungan sekitar. Terutama pada kerusakan lingkungan yang mungkin ditimbulkan. Selain memikirkan dampak, arsitek tersebut juga harus memikirkan jalan keluar yang tepat untuk dampak yang ditimbulkan tersebut. Tentu saja tanpa pemahaman yang mendalam arsitek tidak akan mampu membuat hasil rancangan yang baik dan tetap ramah lingkungan. Oleh karena itu pengertian ilmu lingkungan perlu mereka miliki karena keterkaitan yang erat dalam disiplin ilmu yang mereka tekuni.

Ilmu lingkungan dan kaitannya dengan ilmu fisika

Selain dengan beberapa ilmu teknik, ilmu lingkungan juga berkaitan dengan ilmu fisika yang kita pelajari. Ilmu fisika mempelajari berbagai macam gaya yang ada pada muka bumi ini. Di situlah kaitan yang ada pada ilmu lingkungan yang ada. Kita dapat ambil contoh seperti bom. Dengan adanya ledakan bom maka efek yang akan timbul akan merusak radius berapa jauh. Di sisi lain, bom sering digunakan manusia untuk membantu mereka dalam beberapa aspek kehidupan. Seperti contohnya, di suatu daerah terdapat gedung yang ingin di robohkan, maka bom adalah pilihan yang singkat dan efektif. Namun, ahli fisika perlu memperhitungkan efek yang akan ditimbulkan, sehingga hal tersebut tidak akan mengganggu lingkungan dan alam sekitar. Inilah kaitan yang ada dimana ahli fisika harus memperhitungkan secara tepat bagaimana efek yang ditimbulkan agar tidak merusak alam sekitarnya. Dengan adanya pemahan tentang ilmu lingkungan, maka mereka akan memperhitungkan secara detail dan mendalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s