Olah Sampah Untuk Pembaruan Lingkungan

Sampah merupakan masalah yang nyata dalam pembangunan lingkungan. Ini disebabkan banyaknya orang yang tidak peduli akan lingkungan dan membuang sampah sembarangan. Masih banyak dijumpai sungai-sungai yang tercemar oleh sampah dan karenanya menyebabkan banjir. Ini tentu saja menimbulkan masalah tersendiri setiap musim hujan tiba. Karena itu, amat disarankan bagi Anda untuk tahu cara pengelolaan sampah yang baik dan benar sehingga Anda bisa berperan aktif dalam pembaruan lingkungan. Ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti. Pertama, Anda bisa memulai dari rumah. Pastikan Anda memisahkan sampah rumah tangga menjadi dua; yaitu sampah organik dan sampah non-organik. Sampah organik adalah sampah bekas masakan dan makanan yang mengandung banyak air dan memiliki tingkat kebusukan yang tinggi. Karena itu, apabila tidak segera Anda buang, sampah tersebut akan menimbulkan bau dan tak jarang menyebabkan penyakit. Sampah non-organik adalah sampah kering. Ini bisa berupa plastik, potongan kayu, kertas, dan sebagainya. Sampah jenis inilah yang bagi sebagian orang didaur ulang untuk mendapatkan lingkungan yang lebih baik.

Kebanyakan orang mengira bahwa sampah organik adalah jenis yang tidak berguna dan harus segera dibuang. Sesungguhnya, sampah jenis ini pun bisa didaur ulang. Ada beberapa komposter yang bisa berguna untuk mendaur ulang sampah organik. Yang harus Anda lakukan hanyalah membuang seluruh sampah organik Anda ke komposter yang telah tersedia. Anda harus melakukannya rutin setiap hari. Setelah memasukkan sampah ke komposter tersebut, Anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Sampah-sampah tersebut tidak perlu diaduk, ditambahi air, atau semacamnya. Anda hanya harus terus menambahnya setiap hari sampai kira-kira satu minggu. Setelah satu minggu, Anda bisa membuka komposter tersebut dan menemukan bahwa sampah organik Anda telah berubah menjadi semacam ulat yang menggeliat-geliat. Tentu saja, bagi sebagian orang ini menjijikan. Namun, Anda bisa menggunakan hasil olahan tadi menjadi pakan ternak, umpan memancing, dan pupuk tanaman. Dengan ini, pembaruan lingkungan telah Anda lakukan. Memang ada banyak kontra yang harus Anda hadapi dalam komposter jenis ini. Pertama adalah bau yang tak terhindarkan saat Anda menambahkan sampah tiap hari. Kedua adalah bentuk menjijikan yang Anda temukan setelah sampah organik Anda diolah.

Untuk sampah non-organik, tentunya banyak hal yang bisa dilakukan dengan ini. Daur ulang kertas adalah sesuatu yang sering ditemukan sekarang ini. Dengan begitu, Anda tidak membiarkan kertas terbuang percuma dan mencemari lingkungan. Kertas bekas pakai bisa diolah menjadi kertas baru yang bisa digunakan lagi. Begitu juga plastik. Seperti yang Anda ketahui, banyak hal yang bisa dilakukan dengan plastik. Anda hanya harus kreatif untuk bisa mendaur ulang plastik. Banyak orang mengubah sampah plastik menjadi mainan anak, tas, dekorasi ruangan, kap lampu, dan lain sebagainya. Bahkan hasilnya bisa dijual kembali. Dengan begini Anda bisa mendapatkan untung. Bahkan terdapat desa dimana penduduknya mengabdikan diri untuk mendaur ulang sampah non-organik dan membuatnya menjadi sesuatu yang berguna. Ini merupakan contoh nyata pembaruan lingkungan yang dilakukan oleh mereka yang berkesadaran tinggi. Selain daur ulang sampah, penting juga bagi Anda untuk mendisiplinkan diri sendiri untuk tidak membuang sampah sembarangan. Bukan hanya ke sungai, tapi juga ke tanah dan permukaan lainnya selain di tempat sampah yang disediakan. Plastik, apabila dibuang ke tanah, membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa diuraikan. Ini tentu saja mengganggu keseimbangan lingkungan. Karena itu, penting bagi Anda untuk menyadarkan diri sendiri untuk peduli lingkungan, dimulai dari sampah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s