Menjadi Sahabat Lingkungan Dengan Mendaur Ulang Sampah

Menjadi sahabat lingkungan sebenarnya tidak melulu harus dimulai dengan melakukan hal-hal besar yang bisa dilihat oleh banyak orang. Membiasakan diri untuk menjadi sahabat bagi lingkungan hidup juga bisa diwujudkan dengan melakukan hal-hal kecil namun berarti. Salah satu contoh nyata yang bisa dipraktekkan oleh semua orang adalah bersahabat dengan lingkungan dengan cara mendaur ulang sampah secara rutin. Hal seperti ini tentu bukanlah hal yang asing bagi anda bukan? Anda tentu pernah mendengar atau membaca berita tentang pendaur ulangan sampah yang dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok guna mengurangi tingkat pembuangan sampah, terutama sampah-sampah yang tidak dapat dicerna secara alami oleh tanah. Di dalam artikel ini, akan ada beberapa informasi yang berhubungan dengan daur ulang sampah, yang tentunya akan menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda. Dengan semua informasi yang akan disampaikan di sini, sangat diharapkan bahwa anda akan mampu melakukan daur ulang sampah, paling tidak di lingkungan keluarga anda sendiri sebagai skala lingkungan yang terkecil.

Jenis sampah pertama yang bisa anda daur ulang sebagai wujud perilaku sahabat lingkungan adalah sampah-sampah basah yang berjenis organik. Sampah seperti ini biasanya di dapat dari beberapa bagian rumah anda. Contoh pertamanya adalah halaman rumah anda, baik yang terdapat di depan ataupun di belakang rumah anda. Jika anda menanam beberapa jenis pepohonan dan juga tanaman, tentu ada beberapa daun jatuh dan juga kering yang biasanya anda temukan. Beberapa orang hanya akan mengumpulkan daun-daun tersebut sampai benar-benar kering lalu membakarnya. Cara penghilangan sampah semacam ini sebenarnya tidaklah disarankan karena asap pembakaran bisa mengganggu orang-orang yang hidup di sekitar anda. Cara yang lebih baik untuk menghilangkan sampah organik ini adalah dengan cara membuat komposter yang natinya akan digunakan untuk mengubah sampah daun tersebut menjadi kompos yang bisa digunakan untuk memupuk tanah dan tanaman nantinya. Menghilangkan sampah di saat yang bersamaan dengan mendapatkan pupuk alami secara gratis tentu adalah hal yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Selain sampah dedaunan, anda juga bisa mendapatkan sampah organik lain dari rumah anda, yang tentu juga bisa diubah menjadi kompos. Sampah tersebut biasanya dapat ditemukan di dapur di mana sisa sayuran dan makanan berada.

Selain sampah organik yang sudah dicontohkan sebelumnya, ada satu jenis sampah lagi yang bisa anda daur ulang sebagai tindakan yang dilakukan oleh sahabat lingkungan. Sampah tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah sampah non-organik, seperti sampah plastik, yang tidak bisa dihancurkan secara alami oleh tanah dalam waktu yang singkat. Jika anda mau, anda bisa mendaur ulang plastik-plastik tersebut menjadi benda-benda yang dapat digunakan lagi. Contoh dari benda-benda tersebut adalah tas, dompet, taplak dan sebagainya. Jika anda tidak mempunyai banyak waktu atau anda tidak mempunyai kemampuan untuk mengubah sampah plastik tersebut menjadi lebih berguna, anda bisa mengumpulkan sampah plastik tersebut. Jika sudah terkumpul banyak, anda bisa menyerahkannya secara Cuma-Cuma atu menjualnya kepada para pengrajin sampah plastik. Di masa sekarang ini ada banyak sekali pengerajin semacam itu dapat ditemukan. Mereka sudah tentu tahu mengenai cara tepat untuk mengolah sampah plastik. Selain itu, mereka juga sudah tahu pasti mengenai pemasaran produk sampah plastik tersebut, sehingga akan ada banyak orang, termasuk anda, yang ambil bagian di dalam upaya menjalin persahabatan dengan lingkungan hidup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s