Lingkungan Bersih Untuk Pemilik Binatang

Mempunyai hewan peliharaan seperti anjing, kucing, atau jenis hewan peliharaan yang lain tentunya sangat menyenangkan. Anda bisa bermain bersama mereka dengan senangnya dan juga bisa belajar mengenai cara yang tepat untuk memelihara hewan rumahan semacam itu. Akan tetapi, beberapa orang mengeluh mengenai lingkungan tinggal mereka yang menjadi tidak bersih dan berbau tidak sedap semenjak mereka memelihara hewan di rumah. Jika lingkungan tinggal semacam ini adalah yang anda punya, berarti ada sesuatu yang salah yang harus segera anda perbaiki. Tentu saja tujuan dari perbaikan tersebut adalah unuk menciptakan lingkungan bersih walaupun anda memiliki hewan peliharaan yang tinggal bersama anda di rumah.

Hal pertama yang harus anda perhatikan untuk menjaga lingkungan bersih di rumah anda adalah dengan merawat hewan peliharaan anda secara rutin. Hal-hal yang termasuk perawatan adalah memandikan, memberikan vaksin, dan juga vitamin. Tujuan utama dari perawatan ini adalah untuk menjaga supaya hewan anda tetap bersih dan sehat sehingga tidak ada ancaman kebersihan dan kesehatan, termasuk kutu dan penyakit, yang muncul di tempat tinggal anda karena hewan tersebut. Setelah itu, anda harus memastikan bahwa hewan tersebut memiliki area tersendiri untuk tidur. Kadang hewan peliharaan menjadi tidak terkontrol saat mereka bebas tidur di mana saja termasuk sofa dan juga tempat tidur anda. Selain itu, rambut dari hewan peliharaan anda yang rontok juga bisa membuat lingkungan tinggal dan menjadi terkesan kotor. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda menyediakan tempat tidur tersendiri bagi hewan anda. Tentu anda tidak harus mengandangkan hewan tersebut jika anda benar-benar tidak tega atau tidak setuju dengan konsep pengandangan hewan. Dengan membiasakan hewan anda untuk tidur di tempat yang sudah anda sediakan sudahlah cukup untuk membantu anda menciptakan lingkungan yang lebih baik. Tempat tidur semacam ini bisa anda buat sendiri sebenarnya. Jika anda tidak mau repot, anda bisa pergi ke pet shop karena tempat tidur khusus untuk hewan bisa ditemukan di sana.

Hal lain yang berhubungan dengan lingkungan bersih untuk pemilik hewan peliharaan yang harus anda perhatikan secara seksama berhubungan dengan pembuangan kotoran hewan anda. Jika hewan peliharaan anda adalah kucing, anda harus memastikan bahwa anda mengganti pasir di dalam box, yang tentunya adalah toilet untuk hewan anda, setiap hari. Hal ini tidak hanya ditujukan untuk kebersihan tetapi juga menhindarkan anda dari bau tidak sedap yang mungkin ditimbulkan. Jika hewan anda adalah anjing, paling tidak anda harus memiliki sepetak tanah di luar rumah untuk digunakan sebagai toilet. Jika anjing anda membuang kotoran di sana, akan lebih baik jika anda memungutnya, dengan menggunakan semacam serok khusus yang juga tersedia di pet shop, lalu membuangnya di tempat yang tepat. Selain itu, anda juga harus menyiram sepetak tanah tadi dengan menggunakan cairan pembersih ataupun antiseptic untuk menghilangkan bau dan juga mengurangi kuman. Menciptakan lingkungan yang bersih tentulah sangat bermanfaat bagi anda sebagai pemilik hewan peliharaan. Terlebih lagi, hal ini juga bermanfaat untuk hewan anda karena mereka bisa hidup dengan lebih baik, sehat, dan juga teratur. Karena hal-hal yang disarankan untuk anda lakukan di sini sebenarnya sangat mudah, tentu saja pemilik hewan peliharaan lain juga bisa melakukan hal serupa guna menciptakan hidup yang lebih baik dan sehat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s