Krisis Lingkungan Alam, Siapa yang Salah?

Lingkungan alam merupakan suatu kesatuan ekosistem yang saling mempengaruhi dan menunjukkan ketergantungan satu sama lain. Banyak ahli berpendapat bahwa lingkungan alam memiliki karakteristik seperti halnya sebuah sistem yang memiliki pola tertentu. Apabila salah satu komponen dalam sistem tersebut ada yang hilang, maka keseluruhan sistem akan terganggu. Manusia merupakan salah satu bagian dari sistem lingkungan alam tersebut. Karenanya, tak heran jika manusia juga akan turut merasakan dampaknya jika suatu sistem lingkungan alam terganggu. Dari pengertian lingkungan alam tersebut, kita dapat mengetahui bahwa manusia juga memiliki ketergantungan pada keseimbangan lingkungan alam di sekitarnya. Jika terdapat gangguan pada sistem lingkungan alam tersebut, hal ini dapat menyebabkan krisis lingkungan alam yang juga akan menyebabkan hal-hal lain yang dampaknya juga akan berpengaruh pada manusia.

Krisis lingkungan alam terjadi apabila salah satu komponen alam ada yang rusak atau tidak berfungsi lagi. Hal ini akan turut mempengaruhi komponen-komponen yang lain. Salah satu contoh dari dampak terjadinya krisis lingkungan alam adalah adanya pemanasan global. Kita tidak dapat memungkiri bahwa akhir-akhir ini, isu pemanasan global akan selalu menghantui manusia karena fenomena alam ini memang memberi dampak yang besar pada manusia. Salah satu dampak yang paling mencolok adalah terjadinya kenaikan suhu di permukaan bumi dan munculnya bencana alam di berbagai tempat di seluruh belahan dunia. Hal ini tentu saja merupakan pertanda bahwa manusia tidak seharusnya menganggap remeh pemanasan global.

Apakah Pemanasan Global Akibat Ulah Manusia?

Isu pemanasan global memang bisa menjadi satu hal yang sangat sensitif bagi sebagian orang, apalagi mereka yang mendedikasikan hidupnya untuk melestarikan alam. Para ahli lingkungan hidup berpendapat bahwa pemanasan global terjadi karena suhu di permukaan bumi naik dan hal ini ditandai dengan naiknya pula kadar CO2 dalam atmosfer bumi. Selain itu, pemanasan global juga mengakibatkan melelehnya es di kutub yang menyebabkan permukaan air laut mengalami kenaikan.

Sebelum diadakannya konferensi Internasional perubahan iklim beberapa saat yang lalu, banyak orang yang berpendapat bahwa pemanasan global memang benar-benar akibat dari ulah manusia dengan berbagai kegiatan industri, transportasi, dan limbah buangan yang meningkatkan kadar CO2 dalam udara. Faktanya, kenaikan kadar CO2 dalam udara yang dianggap sebagai penyebab utama pemanasan global tidak sepenuhnya akibat dari manusia.

    • Sejak awal abad ke-20, kadar CO2 dalam atmosfer bumi naik hingga 40 %.
    • Sebagian ahli lingkungan berpendapat bahwa kenaikan kadar CO2 tersebut akibat dimulainya revolusi industri yang saat itu marak terjadi di Eropa.
    • Faktanya, kenaikan kadar CO2 ternyata tidak sepenuhnya karena kegiatan manusia.
    • Manusia hanya menyumbang 3 % dari keseluruhan kenaikan kadar CO2 dalam atmosfer bumi.
    • Beberapa tahun belakangan, penelitian mengenai pemanasan global menunjukkan bahwa kenaikan kadar CO2 dalam udara disebabkan oleh kenaikan suhu permukaan bumi yang sebenarnya berasal dari aktivitas vulkanik dari dalam perut bumi.
    • Menurut penelitian, aktivitas vulkanik yang terjadi sejak awal abad ke-20 dinilai meningkat dari tahun-ke tahun. Hal ini lah yang menyebabkan suhu di permukaan bumi naik dan menyebabkan kadar CO2 di dalam udara jadi meningkat.
    • Beberapa waktu lalu, sekitar 17.000 ilmuwan menandatangan sebuah nota kesepakatan yang mengklaim bahwa manusia bukanlah penyebab terjadinya pemanasan global.

Melihat fakta bahwa bumi sendirilah yang menyebabkan terjadinya pemanasan global tentu saja membuat kita heran mengenai beberapa hal yang terjadi belakangan ini, seperti bencana alam dan berbagai fenomena alam yang banyak terjadi. Karenanya, kita harus tetap menjaga lingkungan alam agar tetap seimbang dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s