Isu Lingkungan Lokal

Tidak ada yang salah dengan manusia yang mencoba memanfaatkan alam untuk mendukung kehidupan mereka karena memang alam diciptakan untuk mendukung kehidupan manusia. Akan tetapi, pemanfaatan alam menjadi hal yang salah ketika pemanfaatan alam tidak diimbangi dengan pelestarian lingkungan terlebih dengan fakta bahwa perkembangan teknologi yang kian hari kian pesat dan menjadi tumpuan kehidupan bagi banyak manusia modern rupanya merupakan salah satu faktor yang menggerus alam dalam waktu yang tidak begitu lama. Masalah lingkungan merupakan isu nyata yang sudah menjadi perbincangan ramai dalam Konferensi PBB mengenai lingkungan hidup yang diadakan di Stockholm, Swedia 15 Juni 1972. Di tahun yang sama pada tanggal 15-18 Mei, Seminar Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Pembangunan Nasional oleh Universitas Pajajaran membahas isu mengenai masalah lingkungan hidup untuk pertama kalinya di Indonesia. Kenyataan mengenai laju pertumbuhan populasi penduduk yang kian tahun kian meningkat merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam masalah lingkungan. Pertumbuhan penduduk membuat pembangunan dan industri semakin diperlukan sementara itu pembangunan dan industri juga memberikan dampak yang negatif terhadap lingkungan yang kemudian akan berimbas kepada manusia.

Isu Lingkungan Lokal di Indonesia

Merupakan hal yang sangat mudah dilihat bahwa Indonesia masih mempunyai kesadaran yang rendah terhadap isu lingkungan terutama masyarakatnya yang kebanyakan masih terlalu terfokus pada usaha untuk bertahan hidup dan mendapatkan kehidupan yang lebih layak secara ekonomi sehingga mereka melakukan segala upaya untuk mendapatkan uang lebih meskipun hal ini berarti mereka harus mengancam lingkungan dan alam. Kegiatan ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun dan kini masyarakat mulai merasakan imbas atas apa yang mereka lakukan terhadap alam. Berbagai macam isu lingkungan muncul di berbagai wilayah di Indonesia dan tentu saja banyak masyarakat yang merasakan derita baik secara langsung maupun tidak langsung atas kerusakan alam yang terjadi di wilayah mereka. Boleh saja kita tidak memberikan tanggapan serius terhadap isu lingkungan global seperti kerusakan lapisan ozon karena pada dasarnya daerah yang terimbas pertama kali bukan Indonesia melainkan kutub bumi meskipun kemudian tentu ada imbas besar yang akan dirasakan oleh rakyat Indonesia. Kini, banyak peristiwa yang membawa derita yang harus dialami oleh banyak orang di daerah asalnya masing-masing dan hal ini terjadi bukan tanpa sebab yang berkaitan dengan ulah manusia terhadap alam.

Dampak Lingkungan Lokal di Indonesia

Ada banyak berita mengenai dampak lingkungan yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia seperti yang terangkum berikut ini.

Kekeringan. Banyak peristiwa kekeringan yang terjadi karena sumber air tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan air baik untuk manusia maupun makhluk hidup yang lain dan penyebab hal ini bisa jadi berkaitan dengan aktivitas penebangan liar atau pemanfaatan hutan yang tidak terkendali. Selain dapat menyebabkan gangguan terhadap kesehatan manusia, persediaan pangan pun akan terancam akibat kekeringan semacam ini.

Banjir. Air hujan yang tidak dapat terserap ke dalam tanah dengan baik maupun tidak dapat mengalir ke laut dengan baik merupakan sebab dari banjir yang bukan lagi hal asing bagi banyak wilayah di Indonesia. Berbagai kerugian mulai dari kesehatan hingga materi yang bisa diakibatkan oleh banjir yang setiap tahun pasti terjadi di beberapa tempat termasuk di ibukota.

Longsor. Longsor terjadi akibat tanah yang terkikis akibat tanah yang tidak lagi mampu menahan laju air hujan misalnya. Banyak orang yang harus kehilangan tempat tinggal, harta benda, atau bahkan sanak keluarga akibat kejadian yang kebanyakan tidak bisa diduga ini.

One thought on “Isu Lingkungan Lokal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s