Dampak Pencemaran Lingkungan di Kota-Kota Besar

Bagi kita yang tinggal dikota besar, pencemaran lingkungan seolah adalah hal yang biasa. Sebaiknya kita tidak selalu membiasakan pencemaran lingkungan tersebut karena akan memberikan dampak buruk bagi kehidupan serta lingkungan kita sendiri. Sebelum kita mengetahui beberapa dampak pencemaran lingkungan, kita harus memahami terlebih dahulu pencemaran-pencemaran lingkungan yang sering kita jumpai di kota-kota besar. Berikut ini ada beberapa pencemaran lingkungan di kota besar:

    • Pencemaran Udara dari Cerobong Asap Kawasan Industri. Di banyak kota besar, kawasan industri menjadi tempat paling tercemar udaranya karena bukan hanya satu industri yang ada disana, tetapi beberapa industri dengan cerobong asap ke atas yang mengeluarkan asap hitam. Asap ini menjadi penyebab pencemaran lingkungan. Asap yang hitam dari kawasan industry bisa menjadi tanda bahwa kawasan industri atau pabrik tersebut belum bisa mengolah limbahnya dengan benar. Asap sisa dari produksi pabrik ini sangat berbahaya bagi kita.
    • Pencemaran Sungai-Sungai Tengah Kota Besar. Jika kita tinggal di kota Jakarta, kita tentu sering melihat banyak pemukiman di bantaran sungai. Mereka tinggal tanpa ijin yang jelas disepanjang aliran sungai. Ini menyebabkan banyaknya pencemaran air sungai karena mereka beraktifitas dengan menggunakan aliran sungai. Mereka banyak membuang sisa sabun atau menggunakan air sungai untuk mandi. Sisa-sisa dari pabrik juga banyak yang dibuang ke sungai sehingga sungai menjadi penuh dengan zat kimia. Ini adalah pencemaran air yang buruk.
    • Pencemaran Lingkungan karena Sampah. Sampah juga menyebabkan pencemaran lingkungan yang buruk. Banyak orang yang dengan seenaknya membuang sampah ke berbagai tempat. Sampah-sampah ini akan membuat pencemaran udara serta tidak sedap dipandang juga karena menjadikan lingkungan menjadi kotor.

Dari ketiga contoh pencemaran lingkungan tersebut, tentu kita perlu mengetahui dampak pencemaran lingkungan tersebut dan juga cara untuk menanggulanginya.

Dampak Pencemaran Lingkungan dan Tips Menanggulangi

Kita bisa mengetahui dampak pencemaran lingkungan dari ketiga contoh pencemaran lingkungan diatas.

    • Pencemaran udara yang disebabkan oleh asap pabrik atau kawasan industri akan menyebabkan udara menjadi kotor. Udara kotor yang terserap oleh manusia setiap hari akan menyebabkan turunnya tingkat kesehatan dalam tubuh manusia. Udara kotor tersebut mengandung banyak zat yang berbahaya bagi sebagian besar organ tubuh manusia sehingga manusia harus lebih berhati-hati.Penanggulangannya bisa dilakukan oleh pihak dari pabrik ataupun dari orang lain.
    • Pencemaran air sungai yang disebabkan oleh kawasan padat penduduk dan juga limbah pabrik akan memberikan dampak yang buruk bagi semua biota yang ada di dalam sungai. Sungai akan menjadi keruh dan ikan-ikan akan mati. Air sungai tidak lagi bisa mengairi sawah karena telah tercemar. Keruhnya air sungai akan menganggu keindahan di kota. Biasanya air sungai yang telah tercemar juga mengeluarkan bau yang tidak sedap. Cara menanggulanginya bisa dimulai dengan menghentikan pembuangan limbah ke sungai.
    • Pencemaran lingkungan karena sampah bisa memberikan dampak kotornya lingkungan. Lingkungan yang tercemar sampah tentu tidak sehat karena sampah adalah sumber penyakit. Sampah-sampah akan mengeluarkan bau yang tidak sedap serta membuat lingkungan menjadi tidak indah. Bahaya banjir juga akan mengancam kita jika sampah terus-terusan menumpuk terutama di daerah sungai. Cara penanggulangan sampah harus dimulai dari rumah tangga. Kita bisa memisahkan sampah organik dan anorganik dimulai dari rumah tangga. Kita juga sebaiknya tau dimana kita harus membuang sampah.

Dengan mengetahui dampak dari pencemaran lingkungan, kita akan menjadi lebih hati-hati menjaga lingkungan kita ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s