Cara Menjaga Lingkungan Alam dari Rumah Kita

Lingkungan yang lebih alami sangat penting bagi kehidupan kita. Kita banyak menemukan pencemaran lingkungan di bumi ini. Jika kita tidak bisa menjaga lingkungan hidup kita, kita tentu tidak akan terhindar dari berbagai masalah lingkungan. Lingkungan alam kita sangat beragam. Hutan, rawa, danau sangat mempengaruhi kehidupan kita. Hutan mempunyai banyak pepohonan yang akan membantu mengikat nutrisi tanah sehingga tanah bisa digunakan sebagai pengikat air. Semua orang harus menjaga kehidupan dan lingkungan kita dimulai dari rumah kita sendiri. Apa yang bisa lakukan dari rumah kita agar lingkungan kita semakin alami?

Ganti Bohlam anda dengan CFL. Compact flouresecent light bulb ini sangat baik bagi rumah anda. Mengapa anda harus memilih lampu CFL dibandingkan lampu lainnya? Lampu jenis ini membutuhkan energi yang lebih kecil ketimbang dengan bohlam lampu yang lainnya. Walaupun lampu ini membutuhkan energi yang tidak besar, lampu ini bisa menghasilkan cahaya yang lebih besar. Bagaimana membedakan produk CFL dengan lain? Anda bisa mendapatkan lampu dengan label ENERGY STAR. Lampu dengan label tersebut lebih efektif serta lebih berkualitas namun anda harus membayar lebih mahal untuk pembelian pertama.

Mengganti Kendaraan dengan Kendaraan Lain. Anda sebaiknya mengubah cara berkendara anda yang lebih baik. Anda harus menggunakan kendaraan dengan bahan bakar gas ketimbang dengan menggunakan bensin. Bahan bakar gas lebih ramah lingkungan tetapi harganya jauh lebih mahal. Anda juga bisa menjaga lingkungan alam anda dengan cara mengurangi berkendara. Anda bisa memilih alternatif lainnya misalnya menggunakan sepeda. Anda sebaiknya sering melakukan tune up kendaraan anda sendiri agar penggunaan bahan bakar serta limbah bahan bakar kendaraan anda tidak semakin buruk.

Anda bisa mengatur suhu ruangan dirumah anda. AC banyak disebut sebagai penyumbang masalah lingkungan alam. Ini tidak sepenuhnya benar. Jika anda bisa merawat dan mengganti AC secara berkala anda akan bisa memiliki AC yang lebih efisien. Anda juga harus membersihkan ventilasi serta filter yang ada di AC.

Batasi penggunaan kulkas atau lemari pendingin. Lemari pendingin menjadi penyumbang listrik yang sangat besar. Sebaiknya anda melakukan beberapa langkah berikut. Anda bisa mengatur suhu kulkas agar tidak terlalu dingin. Jangan lupa untuk mengaktifkan “Energy Saver” untuk menyimpan energi dalam lemari kulkas. Jika kulkas anda sudah tua, anda sebaiknya mengganti kulkas anda dengan yang baru agar anda bisa meningkatkan efisiensi kulkas anda hingga 50%.

Menyediakan lingkungan hijau di rumah anda. Anda bisa menanam tanaman dan pohon dirumah anda. Selalu sediakan lahan kecil dirumah anda agar bisa digunakan untuk menanam tanaman serta pepohonan. Jika semua orang menanam pohon atau tanaman maka bumi kita akan semakin hijau dan lebih asri. Dalam memilih tanaman, anda sebaiknya memilih yang membutuhkan sedikit air. Anda bisa memilih tanaman keras untuk ditanam dirumah anda.

Gunakan barang daur ulang. Anda bisa menghemat energi serta uang anda jika anda menggunakan barang-barang daur ulang. Anda sebaiknya menggunakan barang yang masih bisa terpakai. Barang-barang tersebut sebaiknya tidak dibuang. Kini banyak tempat yang menyediakan atau menawarkan barang daur ulang dengan harga lebih ekonomis. Selain anda bisa menghemat uang anda, anda bisa menjaga lingkungan rumah anda dan bumi kita.

Tugas menjaga lingkungan bukan hanya tugas satu atau dua orang saja. Kita harus ikut serta dalam menjaga lingkungan kita sendiri mulai dari lingkup yang terkecil. Lingkungan alam kita akan semakin asri dengan cara-cara yang mudah dimulai dari rumah kita sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s