Cara Menciptakan Lingkungan Hijau

Kita hidup membutuhkan lingkungan. Ada beberapa macam lingkungan di bumi ini. Setiap lingkungan tentu perlu dijaga dengan baik oleh semua orang. Bagaimana cara menjaga lingkungan kita? Dengan banyaknya pencemaran lingkungan yang ada dibumi kita, secara langsung memperlihatkan bahwa tingkat kesadaran untuk menjaga bumi dan segala isinya masih sangat rendah. Kita perlu menciptakan lingkungan hijau agar bumi kita semakin nyaman untuk ditinggali. Kita biasanya menemukan lingkungan hijau di hutan, sawah dan lainnya. Kita yang tinggal di kota besar sudah jarang melihat ada lingkungan yang masih utuh dan terjaga. Jika lingkungan tersebut telah hilang atau musnah, maka kita tidak lagi mempunyai lingkungan penyerap air yang sangat dibutuhkan oleh bumi. Akibatnya banyak bencana yang akan sering datang seperti tanah longsor, banjir, dan bencana-bencana lainnya. Oleh karena itu, anda harus bisa menjaga atau bahkan terus menciptakan lingkungan yang hijau di rumah anda dulu.

Membuat Lingkungan Hijau dengan Perencanaan Rumah Hijau

Kita sebenarnya bisa menciptakan lingkungan yang lebih hijau jika kita bisa merencanakan hunian dengan lebih benar. Kita bisa memulai membangun rumah dengan material yang lebih ramah lingkungan. Banyak material daur ulang yang selain lebih murah juga ramah lingkungan. Anda bisa menggunakan Microclimate. Ini merupakan penciptaan cuaca lingkungan dengan menggunakan produk yang diproduksi di dalam kota sendiri. Walaupun menggunakan bahan daur ulang tetapi bahan-bahan tersebut lebih kuat. Bahan daur ulang ini akan menambah cantik rumah anda karena material daur ulang malah lebih ekslusif. Dengan pemilihan bahan-bahan yang lebih baik dan ramah lingkungan kita tentu tidak hanya menghemat uang kita tetapi juga bisa menciptakan lingkungan yang ramah lingkungan. Sebaiknya rumah anda bisa dibuat dengan meminimalisir penggunaan AC. Bagaimanakah caranya? Anda bisa memaksimalkan bukaan dan atap sehingga ruangan tidak sumpek dan anda tidak membutuhkan AC.

Menerapkan Gaya Lingkungan Hijau dalam Rumah

Sebenarnya dalam menciptakan lingkungan hijau kita tidak selalu harus menanam banyak pohon atau tanaman disekitar rumah kita. Kita bisa melakukan berbagai cara yang lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak uang. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa membuat anda mempunyai gaya hidup lebih ramah lingkungan dari rumah anda:

    • Anda bisa menghemat penggunaan listrik. Matikan listrik yang sudah tidak dipakai. Anda bisa menggunakan cahaya alami jika lampu tidak diperlukan lagi. Anda juga bisa menghemat air. Matikan aliran air yang tidak digunakan dan hindari membuang-buang air sembarangan.
    • Anda bisa membedakan sampah dirumah anda. Pisahkan sampah organik dan anorganik dirumah anda. Ini akan memudahkan orang untuk mendaur ulang dengan cara yang lebih bijaksana. Sampah yang tidak bisa didaur ulang bisa digunakan untuk dijadikan pupuk untuk berbagai tanaman. Ini akan menghasilkan penghasilan tambahan bagi anda juga. Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan menjual kompos dari pupuk sampah anda. Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak karena bahan baku ada dirumah anda.
    • Biasakan Daur Ulang Barang. Anda sebaiknya bisa menggunakan barang-barang yang masih bisa dipakai untuk beberapa kali dan menghindari pembelian lagi. Ini sangat baik sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau.

Dalam menciptakan lingkungan yang lebih hijau, anda harus mempunyai kesadaran yang tinggi. Anda harus mau menjaga lingkungan sebaik-baiknya demi masa depan generasi penerus kita. Kita harus sadar akan pentingnya lingkungan yang lebih hijau sebagai penyerap air dan juga penyimpan air. Jika lingkungan kita lebih hijau, kita akan mempunyai udara yang lebih segar dan dingin. Setelah kita menerapkan dan menciptakan lingkungan yang lebih hijau dirumah kita, kita harus mau menyebarkan kebiasaan baik kita kepada orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s