Cara Membuat Rumah Ramah Lingkungan

Lingkungan adalah sesuatu yang harus dijaga, tidak hanya dengan membuang sampah pada tempatnya, namun juga dalam pembangunan rumah. Seperti yang Anda tahu, rumah merupakan tempat pertama yang harus diubah untuk mendapatkan lingkungan yang sehat. Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan rumah ramah lingkungan. Pertama, ubahlah semua jendelanya menjadi jendela kaca yang lebar dan panjang. Dengan begitu, Anda bisa menghemat penggunaan listrik. Anda bisa menggunakan penerangan alami seperti cahaya matahari untuk menerangi ruangan Anda. Dengan jendela kaca yang besar, Anda bisa mendapatkan cahaya yang mencukupi. Selain itu, jendela yang terbuka juga bisa memberikan ventilasi udara yang cukup. Dengan begini, Anda bisa mengurangi penggunaan pendingin ruangan. Anda juga bisa menggunakan pintu-pintu sebagai bukaan. Pastikan setiap siang semua jendela dan pintu di rumah Anda terbuka untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik dan cahaya yang mencukupi untuk penerangan.

Untuk kamar mandi, Anda harus memasang shower tidak terlalu tinggi. Ini untuk mengurangi pemakaian air yang berlebihan. Anda bisa memasang nya pas setinggi kepala Anda. Pemakaian air yang berlebihan akan berakibat buruk pada lingkungan. Anda juga bisa mendaur ulang air. Contohnya, air bekas mandi bisa Anda gunakan lagi untuk menguras kamar mandi atau WC, mengepel, atau menyiram tanaman. Dengan begitu, Anda bisa jadi lebih hemat air. Buatlah sumur resapan. Sumur resapan berguna untuk menampung air bekas dan menyaringnya dengan penyaring alami, seperti kerikil, ijuk, arang, atau pasir. Setelahnya, Anda bisa menggunakan kayu untuk bahan furniture. Kayu dianggap sebagai material yang ramah lingkungan karena ini bahan alami. Pastikan Anda memilih kayu dari kualitas tinggi untuk rumah ramah lingkungan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kanopi pada tiap sisi rumah Anda untuk mengurangi sinar ultra violet dari matahari. Untuk bagian atap, jangan lupa untuk menambahkan roof garden. Ini berarti Anda harus menambahkan tanaman di bagian atas rumah Anda. Ada beragam tanaman hijau yang bisa menjadi pilihan utama untuk taman atap Anda. Ini akan berguna untuk menyerap panas matahari, jadi rumah Anda akan tetap terasa sejuk.

Untuk desain, Anda harus menggunakan 30% dari keseluruhan rumah untuk taman. Tanamlah banyak tanaman hijau yang bisa menyerap panas dan memberikan keteduhan pada rumah Anda. Namun, harus Anda perhatikan bahwa dalam memelihara taman, diperlukan ketelitian yang tinggi. Pastikan tidak ada hama yang bisa merepotkan Anda nantinya. Jangan lupa pemberian pupuk untuk tanam-tanaman Anda. Anda juga bisa membangun taman obat dengan menanam tanaman herbal yang berguna bagi kesehatan. Penggunaan listrik yang teratur juga bisa diaplikasikan dalam rumah ramah lingkungan. Anda harus disiplin untuk menentukan kapan lampu-lampu harus dimatikan dan penggunaan alat elektronik lainnya apabila tidak sedang dipakai. Konsep lain yang harus Anda perhatikan untuk membangun rumah yang ramah lingkungan adalah penggunaan sekat yang minim. Jangan gunakan terlalu banyak dinding untuk membatasi ruangan. Ini karena ruangan yang luas bisa jadi multi fungsi. Apabila Anda memang harus membagi ruangan menjadi dua, Anda bisa menggunakan furniture sebagai pemisahnya. Contohnya, rak buku tinggi bisa menjadi pilihan. Room divider dengan ukir-ukiran yang bisa dilipat juga bisa menjadi sarana dekorasi rumah. Dengan begitu, Anda telah berperan aktif untuk menjaga lingkungan dan menjadikannya lebih layak untuk dihuni.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s