Hari Lingkungan

PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa telah memutuskan bahwa tanggal 5 Juni merupakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau istilah asingnya World Environment Day. Hari Lingkungan Hidup Sedunia telah ditetapkan sejak tahun 2000. Hari ini merupakan simbolisasi kepedulian penduduk bumi akan lingkungan hidup dimana Bumi merupakan tempat terpenting bagi kehidupan manusia. Untuk perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengambil tema Green Economy: Does it Include You? Dari tema tersebut ditujukan pada semua orang yang melakukan kegiatan ekonomi dan khususnya untuk para pebisnis dan pengusaha besar. Memang hampir di semua kalangan dari individu, perusahaan, dan negara melakukan kegiatan ekonomi, namun yang disoroti kali ini adalah bagaimana semua kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh semua kalangan tidak merusak dan memperburuk keadaan lingkungan tapi justru merawat dan menjaga lingkungan hidup atau Bumi. Green Economy atau ekonomi hijau merupakan suatu gagasan terhadap seluruh pelaku bisnis untuk mengganti pola pikir mereka tentang ekonomi biasa yang hanya memikirkan aspek keuntungan tanpa menghiraukan dampak terhadap lingkungan dengan pola pikir baru dimana melakukan kegiatan ekonomi sembari merawat dan menjaga lingkungan. United Nations Environment Programme merupakan organisasi dunia yang menggagas untuk kelestarian lingkungan hidup ini melalui ekonomi hijau atau green economy. Pada dasarnya ekonomi hijau ditujukan untuk meningkatkan taraf kehidupan manusia. Seperti yang kita tahu bahwa manusia hidup tak lepas dari lingkungan alam. Hal yang paling penting adalah keseimbangan kehidupan antara sosial dan pelestarian lingkungan dan pencegahan kerusakan. Intinya, dengan adanya Hari Lingkungan Hidup Sedunia kita diharapkan untuk lebih menjaga alam dan lingkungan seperti mengurangi karbon yang dapat merusak lingkungan, dan menghemat sumber daya alam.

Inisiasi ekonomi hijau mulai digalakkan oleh UNEP sejak tahun 2008. Inisiatif tersebut merupakan sebuh mekanisme dan panduan ringkas yang berbobot akan peningkatan kepedulian para investor dan pengusaha dalam mengelola ekonomi yang sejalan dengan harmoni alam. Sektor ekonomi yang mendukung tentang keberlangsungan hidup merupakan tujuan utama dari ekonomi hijau yang selama ini banyak perusahaan, bisnis, dan lembaga yang selalu menguras habis dan tak memperdulikan keberlangsungan lingkungan alam. Permasalahan lingkungan hidup merupakan masalah yang sangat umum dialami oleh banyak negara bukan hanya Indonesia. Permasalahan lingkungan hidup juga dapat memicu permasalahan ekonomi dan ketika sumbernya adalah permasalahan lingkungan hidup tidak segera diatasi dampaknya bisa mempengaruhi kegiatan ekonomi dari setiap elemen dari negara hingga individu. Sejak tahun 2008, negara adidaya Amerika telah mengalami krisis ekonomi dan berlanjut ke benua Eropa. Kemudian ditambah permasalahan pemanasan global serta perubahan iklim yang sangat drastis menyebabkan kondisi di setiap negara mengalami penurunan. Banyak orang yang masih memandang permasalahan ini sebagai masalah yang berbeda padahal kedua masalah ini saling berkaitan. Lihat saja betapa banyak industri menjulang tinggi dengan cerobong asap yang selalu mengepul. Hampir disetiap kota terdapat industri yang menghasilkan limbah. Asap-asap sisa pembuangan gas kendaraan yang mengandung karbon begitu tinggi akhirnya menyebabkan Bumi mengalami efek rumah kaca. Hampir semua perusahaan hanya menggunakan pemikiran kecil untuk mengelola limbah. Padahal segala dampak yang terjadi akibat dari industri tersebut pada akhirnya akan kembali ke manusia.

Pada dasarnya Bumi ini telah lelah mengayomi berjuta manusia yang tak memperhatikan lingkungan. Es yang mencair dan iklim yang ekstrem merupakan contoh akibat kegiatan ekonomi yang membabi buta tanpa memperhatikan kelestarian alam. Maka dari itu Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tahun ini bisa menggerakkan para pengusaha, investor, dan negara untuk memajukan ekonomi hijau agar kegiatan ekonomi lancar serta terciptanya lingkungan yang tentram.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s