Penyebab Kerusakan Lingkungan Alam

Alam tentu harus kita jaga sebaik mungkin. Kita ingin menggunakan dan hidup di alam dalam waktu yang lama. Alam telah memberikan kita berbagai kemudahan dan fasilitas untuk kita. Oleh karena itu, melestarikan alam juga sangat penting bagi kita. Manusia sering bertindak semena-mena terhadap alam dan sebagai hasilnya alam kita semakin rusak dan manusia akan merasakan dampak dari kerusakan lingkungan alam tersebut. Kerusakan alam sebenarnya bisa terjadi karena berbagai faktor. Berikut ini adalah beberapa jenis kerusakan lingkungan yang sering terjadi dan berbagai hal yang sebaiknya kita lakukan:

Kerusakan lingkungan yang pertama disebabkan karena alam. Kita tentu tahu bahwa tinggal di Indonesia, kita harus selalu siap merasakan berbagai bencana alam yang melanda. Banyaknya bencana menyebabkan lingkungan hidup kita menjadi rusak. Bencana letusan gunung berapi tentu sangat berbahaya bagi lingkungan alam karena lava yang panas akan selalu siap menerjang semua hal yang ada didepan nya. Begitu pula dengan abu vulkaniknya. Walaupun abu tersebut akan memberikan dampak positif bagi hari depan, tetapi seketika semua tanaman akan mati karena tertutup abu vulkanik dari bencana letusan gunung tersebut. Bencana lainnya yaitu Tsunami. Tsunami di aceh telah merusak lingkungan serta menyebabkan ribuan orang meninggal dalam waktu yang sangat singkat. Masih banyak faktor alam lainnya yang akan merusak lingkungan alam seperti anin topan dan peristiwa alam lainnya.

Kerusakan lingkungan alam yang kedua disebabkan karena faktor manusia. Ini yang sangat berbahaya tetapi masih bisa diantisipasi. Manusia memang selalu dikatakan sebagai penguasa lingkungan hidup. Manusia memberikan dampak yang besar terhadap kelestarian lingkungan alam kita. Manusia sekarang memang kurang bijaksana karena manusia sering tidak memikirkan dampak untuk kehidupan yang akan datang. Kita tentu banyak mendapati kerusakan lingkungan seperti terjadinya pencemaran lingkungan air, udara, suara serta tanah. Ini adalah dampak pendirian kawasan industri yang semakin meraja lela.Pemerintah seharusnya bisa lebih tanggap dengan masalah ini dan memberikan solusi yang terbaik yang tentunya menguntungkan semua pihak serta tetap memikirkan kelesatarian alam. Terjadinya banjir bandang diberbagai tempat adalah salah satu contoh dari kerusakan lingkungan yang parah karena buruknya drainase dan pembuangan limbah di lingkungan yang tidak bijaksana. Pengrusakan hutan menjadi faktor penting pendukung kerusakan lingkungan alam di berbagai belahan bumi. Tanah longsor serta rusaknya hutan membuat banyak hewan kehilangan tempat tinggal. Kita tidak akan melihat spesies hewan tertentu lagi jika hal ini terus menerus terjadi tanpa penanganan yang jelas.

Beberapa hal dibawah ini juga menyebabkan kerusakan lingkungan alam yang terus menerus kian parah yaitu bangunan liar disekitar aliran sungai. Aliran sungai yang kian menyempit akan menyebabkan daerah mudah terkena banjir bandang. Air yang meluap karena aliran yang sempit ini tidak lain adalah ulah manusia yang tidak memikirkan lingkungan alam dimana dia tinggal. Banyak penimbunan rawa-rawa dan alih fungsi hutan menjadi daerah pemukiman padat.Pemukiman padat tidak hanya merusak lingkungan yang sudah ada. Lingkungan ini akan memberikan dampak lainnya seperti buruknya sistem pengairan, rawannya kriminalitas, kemiskinan serta rawan kebakaran. Kita bisa mengantisipasi kerusakan alam yang buruk dengan membuang sampah ditempat yang memang disediakan. Membuang sampah pada tempatnya dan bukan di sungai bisa ikut menjaga aliran sungai tetap lancar dan tidak menimbulkan banjir. Alam harus kita rawat agar semakin tua alam kita semakin kaya akan sumber daya yang manusia dan makhluk lain butuhkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s