Pengertian Lingkungan Sehat dan Penerapannya

Untuk menjaga kesehatan tubuh tidak cukup hanya dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat. Dalam hal ini, perlu dipastikan juga apakah lingkungan kita sehat atau tidak. Lingkungan sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda dan keluarga. Sebelum memulai menciptakan lingkungan yang sehat maka kita perlu belajar mengenai seluk beluk lingkungan sehat termasuk pengertian lingkungan sehat itu sendiri.

Tips Menjaga Lingkungan Rumah

Secara garis besar pengertian lingkungan sehat adalah lingkungan yang bersih. Ada beberapa lingkungan yang patut Anda jaga kesehatannya. Lingkungan-lingkungan tersebut adalah:

Lingkungan sekitar rumah
Lingkungan rumah adalah lingkungan sehari-hari Anda. Sudah semestinya Anda menjaga lingkungan rumah agar sehat sehingga Anda juga merasakan kesehatan dalam tubuh. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat lingkungan sekitar rumah Anda sehat. Anda akan berhadapan dengan sampah rumah tangga setiap hari sehingga Anda harus menempatkan tempat sampah di tempat yang penting seperti dapur atau kamar mandi. Sediakan tempat sampah sesuai jenis sampahnya yaitu tempat sampah basah dan tempat sampah kering. Usahakan membuang sampah secara teratur tanpa menunggu tempat sampah tersebut penuh. Bersihkan sekitar ruangan rumah baik disapu atau dipel. Biarkan udara segar masuk ke dalam rumah setiap pagi karena sirkulasi semacam itu amatlah penting bagi kesehatan Anda.

Lingkungan luar rumah
Jika lingkungan dalam rumah sudah bersih, maka Anda juga perlu memperhatikan kondisi lingkungan luar rumah Anda. Hal ini juga patut diperhatikan karena lingkungan luar rumah mempengaruhi lingkungan di dalam rumah. Dalam hal ini, Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas untuk menjaga kebersihan lingkungan. Pertama, lakukan kerja bakti secara rutin untuk membersihkan teras dan halaman rumah. Anda dapat melakukannya secara rutin setiap seminggu sekali. Jangan menunggu teras atau halaman rumah Anda kotor karena kuman dan polusi dapat menyerang Anda kapan saja. Kedua, menyediakan tempat sampah di dalam rumah tidaklah cukup. Sangat perlu untuk mempersiapkan tempat sampah di luar rumah. Dengan adanya tempat sampah di luar rumah Anda tidak perlu membuang sampah sembarangan. Terapkan juga tempat sampah basah dan tempat sampah kering untuk lingkungan luar rumah Anda. Ketiga, atur semua tanaman sedemikian rupa supaya nampak indah dan rapi. Jangan terlalu banyak menempatkan tanaman atau jangan pula menempatkan terlalu sedikit tanaman. Tanaman sangat berguna untuk menyegarkan suasana sekitar rumah Anda. Paling tidak jika tanaman tertata dengan rapi Anda dapat menikmati keindahannya. Dengan menikmati keindahan sekeliling rumah Anda suasana hati akan tenang dan suasa tenang tersebut akan membuat Anda lebih sehat.

Dengan menjaga dan membersihkan lingkungan sekitar Anda maka Anda sudah menjalankan pengertian lingkungan sehat itu sendiri. Sangatlah jelas perbedaan antara lingkungan yang sehat dan yang tidak sehat. Dengan tinggal dan menjaga kesehatan itu artinya Anda mencegah penyakit masuk dalam tubuh Anda. Ingatlah bahwa mencegah lebih baik dibandingkan mengobati. Semoga dengan tips di atas kita mulai sadar dengan pentingnya lingkungan yang sehat karena hal tersebut mendukung kesehatan Anda sendiri. Bahkan jika lingkungan Anda sehat dan bersih maka orang lain yang lewat juga merasakan nikmatnya memiliki lingkungan yang sehat dan kondusif. Intinya, Anda tidak perlu melakukan hal yang muluk-muluk jika belum mampu. Cukup dengan menjaga dan membersihkan lingkungan Anda terlebih dahulu secara konstan maka Anda dan keluarga dapat merasakan manfaatnya. Mari kita lakukan sekarang juga sebelum terlambat dan menyesalinya. Penyakit bisa datang kapan saja maka kita harus mencegahnya melalui lingkungan yang sehat dan bersih.

Advertisements

One thought on “Pengertian Lingkungan Sehat dan Penerapannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s