Mengatasi Pencemaran Lingkungan Demi Lestarinya Lingkungan

Permasalahan lingkungan hidup muncul karena dua faktor utama yang disebabkan oleh manusia dan juga alam itu sendiri. Faktor yang disebabkan oleh manusia, merupakan faktor yang memiliki dampak paling besar terutama dengan adanya perkembangan dunia industri yang begitu pesat selama beberapa tahun terakhir. Kondisi lingkungan semakin memburuk dan saat ini telah terjadi perubahan cuaca yang tentu berdampak pada kehidupan tidak hanya manusia namun juga makhluk hidup yang lainya. Lalu apa saja yang bisa dilakukan demi kembalinya kelestarian lingkungan?

Mengetahui Pokok dari Masalah Lingkungan Hidup

Mengembalikan kelestarian lingkungan bukanlah hal yang tidak mungkin namun mengingat berbagai rintangan dan juga kondisi lingkungan saat ini, maka akan dibutuhkan proses yang memakan waktu yang lama. Pokok permasalahan yang dihadapi saat ini dari berbagai permasalahan lingkungan berasal dari manusia. Degradasi lingkungan berawal dari populasi manusia yang terkesan tidak dapat dikendalikan. Dan dengan semakin banyaknya penduduk dunia, maka semakin besar pula tuntutan akan beberapa hal seperti tuntutan lahan pekerjaan dan juga tuntutan lahan baru untuk dijadikan tempat tinggal.

Proses dari degradasi lingkungan atau ketidakmampuan lingkungan untuk menyokong kehidupan terjadi dan dapat dicegah segera. Namun beberapa faktor menjadi penghalang di dalam mengatasi degradasi lingkungan. Selain terus bertambahnya populasi penduduk dunia, terdapat juga beberapa masalah lain seperti polusi yang terus dan terus bertambah, kurang tegasnya pemerintah di dalam menegakkan aturan yang telah ditetapkan untuk kelestarian lingkungan dan juga kurangnya kesadaran dari berbagai individu yang ada di sekitar lingkungan. Kedua hal ini turut memperparah kondisi lingkungan yang sudah cukup parah.

Mengatasi Pencemaran Lingkungan yang Semakin Menjadi-jadi

Dengan keinginan yang tulus tentu banyak juga individu yang mulai menyadari betapa mereka butuh untuk menjaga lelestarian lingkungan. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi pencemaran yang ada di setiap elemen lingkungan yaitu air, tanah dan juga udara.

    • Daur ulang merupakan salah satu hal yang dapat digunakan untuk mencoba mengatasi masalah pencemaran lingkungan. Ada banyak barang yang dengan sembarangan dibuang dan mencemari lingkungn seperti plastik, kaleng ataupun berbagai benda lainnya yang dapat didaur ulang. Beberapa benda ini dapat juga digunakan sebagai benda baru yang inovatif seperti membuat furniture baru ataupun menjadi alternatif baru untuk konstruksi bangunan.
    • Mengurangi emisi dari berbagai kendaraan bermotor. Sudah seharusnya setiap kendaraan yang ada di jalan raya diuji untuk melihat seberapa besar emisi yang dihasilkan oleh setiap kendaraan. Sudah seharusnya batas maksimal dari emisi yang ada diadakan agar polusi udara yang menjadi salah satu penyebab semakin membesarnya lubang ozon. Ada baiknya juga untuk mempersulit proses kepemilikan dari kendaraan bermotor agar jumlah kendaraan bermotor yang baru dapat ditekan.
    • Gunakan energi sehemat mungkin. Ini adalah satu langkah yang dibutuhkan untuk mengatasi pencemaran lingkungan. Energi listrik yang digunakan pada kegiatan sehari-hari sudah seharusnya untuk digunakan dalam taraf yang lebih hemat. Gunakan listrik dengan lebih bijaksana dan gunakan teknologi konversi energi yang lebih ramah lingkungan.
    • Mengkampanyekan kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup. Fakta mengatakan bahwa masih terlalu banyak orang yang tidak terlalu peduli dengan apapun yang terjadi pada lingkungan selama mereka mendapatkan apapun yang mereka mau. Tentunya orang-orang inilah sasaran dari kampanye kepedulian terhadap lingkungan hidup. Kesadaran dari masing-masing individu sangatlah dibutuhkan karena inilah kunci dari solusi akan masalah lingkungan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s