Akar Masalah dari Degradasi Lingkungan Hidup

Degradasi lingkungan hidup bukanlah satu hal yang terjadi tanpa alasan. Lingkungan sekitar telah berubah secara perlahan dan perubahan itu sebagian besar disebabkan oleh perbuatan manusia yang dilakukan dengan ataupun tanpa kesadaran. Setiap sebab dari degradasi lingkungan dapat dikategorikan ke dalam dua kategori utama yaitu kategori yang bersifat langsung dan yang bersifat tidak langsung. Di antara dua kategori utama ini, kategori tidak langsung menjadi kategori yang paling banyak menjadi penyebab kerusakan lingkungan.

Faktor Tidak Langsung yang Berhubungan dengan Penduduk

Penduduk dunia ini bertambah dan semakin banyak saja. Meskipun telah ada anjuran untuk memiliki cukup anak, namun tetap ada saja beberapa pasangan yang memiliki banyak anak. Terdapat banyak individu yang ternyata tidak menyadari betapa pertambahan penduduk berpengaruh terhadap degradasi llingkungan. Di dalam hal ini pertambahan penduduk berarti bahwa terjadi pertambahan permintaan atas berbagai hal yaitu rumah tempat tinggal, makanan dan juga pakaian. Pertambahan penduduk, sayangnya tidak diikuti dengan bertambahnya lahan untuk mencari nafkah yang dibutuhkan.

Perluasan dari lahan pencarian nafkah sangat dibutuhkan dan inilah yang kemudian memicu berbagai masalah lingkungan pada akhirnya. Memperluas lahan pencarian nafkah dapat diartikan sebagai perlunya memiliki lahan baru untuk usaha baru bagi banyak individu yang menganggur. Di sini dapat ditemukan lahan-lahan yang tadinya hijau menjadi lahan-lahan kosong dengan pepohonan yang sudah dirobohkan. Hal inilah yang menjadi satu faktor yang kemudian mempengaruhi perubahan pada lingkungan. Hal ini belum termasuk penebangan liar yang juga dilakukan beberapa individu.

Dampak Lebih Lanjut Perluasan Tempat Tinggal

Ketika lahan pencarian nafkah dibutuhkan untuk menjadi lebih luas, maka akan ada banyak upaya untuk memperluasnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penebangan hutan demi usaha baru menjadi satu hal yang umum terjadi. Selain sebagai cara untuk memperluas lahan pencarian nafkah, ada juga upaya untuk memperluas tempat tinggal. Kedua hal ini muncul sebagai dorongan industrialisasi yang secara alami akan muncul ke permukaan. Untuk hal yang satu ini, masih banyak yang tetap cuek dan acuh tak acuh. Hal ini dibuktikan dengan tidak terhentinya proses pembangunan dan munculnya proyek-proyek baru.

Dengan adanya dorongan industrialisasi, maka akan terjadi polusi lingkungan yang mempengaruhi unsur tanah, air dan juga udara. Hal ini tentu saja akan terjadi jika melihat kembali pada dua faktor yang sebelumnya disebutkan. Dengan adanya area industri baru juga semakin banyaknya penduduk yang ada, maka akan terjdailah polusi yang terus berlanjut. Limbah industri menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rusaknya lingkungan. Bahkan produk industri seperti mobil yang dapat dimiliki dengan sistem kredit memicu kerusakan lingkungan yang lebih parah.

Faktor Lain Pemicu Degradasi Lingkungan

Selain beberapa faktor yang telah dituliskan di atas, terdapat beberapa faktor lainnya yang juga ikut memicu degradasi lingkungan.

    1. Gagalnya program reboisasi dan reklamasi tanah. Jumlah orang yang peduli dengan lingkungan, sayangnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan mereka yang kurang peduli. Beberapa kebakaran hutan yang terjadi, diduga merupakan kesengajaan dari mereka yang kurang peduli.
    2. Lemahnya penegakan hukum terhadap para perusak hutan hijau yang bahkan dilindungi oleh Negara.
    3. Kebijakan pemerintah sejak tahun 1970 yang lebih menitik beratkan pada industri dan cara mengembangkannya.
    4. Kesadaran masayarakat yang masih sangat rendah di dalam merawat dan menjaga lingkungan hidup.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s