Tingkatkan Kenyamanan Hidup Di Jakarta

Menjaga lingkungan daerah kita tetap sehat dan bersih adalah hal yang paling penting. Jakarta yang merupakan ibu kota Negara Indonesia memiliki banyak penduduk yang tinggal dan mendiami kota ini. Keadaan lingkungan hidup Jakarta yang tidak terlalu sehat, banyak bencana yang mungkin terjadi di wilayah terpenting di Indonesia ini. Banyak pencemaran lingkungan yang terjadi di wilayah Jakarta ini. Sampah yang menumpuk, polusi udara dari kendaraan yang semakin hari semakin parah, serta masalah – masalah kerusakan lingkungan yang tidak bisa disebutkan satu persatu ini menjadikan lingkungan dan alam Jakarta menjadi tidak sehat. Untuk membuat masyarakat yang tinggal di wilayah ini merasa lebih nyaman dan tenang, tindakan yang benar harus segera dilakukan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan di wilayah Jakarta adalah dengan mulai membuang sampah pada tempatnya. Pembiasaan yang baik ini akan menghindarkan kita dari hal – hal yang tidak diinginkan. Sampah yang tidak dibuang di tempatnya akan mengakibatkan polusi udara yang bisa membuat orang – orang disekitarnya merasa tidak nyaman. Alasan ini menjelaskan dan semakin membuktikan bahwa masalah sampah di Jakarta yang menumpuk harus segera dibenahi dan dituntaskan.

Sampah yang menumpuk akan meningkatkan resiko terjadinya banjir. Sudah banyak kasus bencana banjir yang terjadi karena menumpuknya sampah di sungai karena kedalamnnya yang semakin meninggi karena digenangi sampah. Jakarta menjadi daerah yang sering terkena bencana banjir bandang yang menciptakan kerugian yang cukup besar. Bencana rutin ini sudah banyak merugikan pemerintah Jakarta yang harus menanggung semua kerugian. Untuk mengurangi resiko akan banjir rutin ini, sampah yang dihasilkan oleh masyarakat Jakarta hendaknya dibuang pada tempatnya. Selain harus membuang sampah pada tempatnya, memilah sesuai bahan sampah juga harus mulai dibiasakan. Sampah yang sudah dipilah akan lebih mudah untuk diproses. Dengan memilah sampah yang dibuang, polusi udara seperti bau busuk akan bisa dikurangi. Polusi udara di Jakarta juga terjadi karena semakin banyak kendaraan pribadi yang dibawa oleh masyarakat di kota ini. Jumlah kendaraan yang semakin hari semakin meningkat membuat wilayah Jakarta menjadi semakin penuh. Asap buangan mobil yang ada juga belum tentu sesuai dengan batas aman yang ditetapkan oleh pemerintah. Inilah yang menjadi alasan semakin parahnya polusi yang ada di Jakarta.

Banyak orang yang memiliki lebih dari satu kendaraan yang digunakan setiap harinya. Asap buangan dari kendaraan akan mengapung di udara dan akan mencemari udara bersih yang ada. Udara akan menjadi tidak sehat dan udara segar akan semakin menipis. Pembangunan yang semakin hari semakin meluas juga bisa mengganggu kestabilan lingkungan di Jakarta. Perusahaan – perusahaan yang membuka lahan tanpa menjaga kelestarian lingkungan di sekitarnya memperparah kerusakan di wilayah ini. Banyak peneliti yang menemukan fakta bahwa muka tanah di wilayah Jakarta semakin hari semakin turun. Ini dikarenakan beban dari pembangunan yang selalu bertambah setiap waktunya. Air tanah yang selalu diambil tanpa direstorasi menjadi penurunan muka tanah semakin cepat. Jika tidak segera ditanggulangi, para ahli memperkirakan wilayah ibu kota Indonesia ini akan menghilang dalam beberapa puluh tahun kedepan. Ancaman bahaya yang buruk ini menjadikan pemerintah mulai mencanangkan gerakan penanggulangan yang akan meminimalisir resiko bencana ini. Hal ini sangat penting agar masyarakat juga bisa lebih mencintai dan menjaga kelestarian lingkungan mereka mulai dari lingkungan terkecil di keluarga mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s