Pentingnya Pendidikan Lingkungan Sejak Dini

Dengan memberikan pelajaran tentang pendidikan lingkungan dan cara menjaganya, para pengajar ingin memberikan pengertian tentang pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat untuk kelangsungan hidup manusia. Banyak kerusakan lingkungan yang terjadi karena kesalahan manusia yang tidak menjaga kelestarian lingkungan dengan benar. Pendidikan tentang cara menjaga lingkungan sejak dini ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian siswa dengan lingkungan sekitar mereka. Membiasakan membuang sampah pada tempatnya sejak dini menjadi hal yang diperlukan. Inilah mengapa banyak sekolah – sekolah yang mengajarkan tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan menghentikan kerusakan alam yang akan membuat kehidupan manusia terancam. Para ahli menyimpulkan bahwa dengan memperkenalkan kebiasaan baik tentang cara menjaga lingkungan sekitar sejah dini akan membuat anak – anak lebih menghargai kebersihan di masa yang akan datang. Banyak pelajaran yang bisa diberikan kepada anak-anak seperti tentang jenis – jenis bencana alam yang mungkin terjadi karena kerusakan lingkungan. Pengenalan tentang bencana dalam model mini akan menjadikan para siswa paham tentang apa yang menyebabkan bencana dan cara mencegah bencana ini terjadi. Pelajaran ini akan menjadi pelajaran yang penting agar siswa dapat menjalankan hidupnya dengan lebih baik dan nyaman.

Penjelasan tentang pencemaran lingkungan dari limbah pabrik juga bisa menjadi hal yang penting. Seperti yang kita tahu, banyak pabrik – pabrik yang dibangun di sekitar pemukiman warga. Jika limbah yang dihasilkan tidak diproses terlebih dahulu, lingkungan sekitar akan lebih mudah terkena pencemaran yang membahayakan bagi kelangsungan hidup masyarakat sekitar. Banyak kasus pencemaran lingkungan yang terjadi karena limbah buangan pabrik yang melebihi ambang batas yang disarankan oleh pemerintah. Masyarakat di sekitar pabrik akan merasa tidak nyaman dengan aliran limbah yang tidak sehat ini. Walaupun pemerintah sudah memberikan himbauan dan peraturan yang jelas tentang batas aman dari limbah yang dialirkan ke lingkungan, masih saja ada pabrik yang tidak mengindahkan hal tersebut. Limbah yang dihasilkan oleh pabrik biasanya mengandung berbagai macam zat – zat berbahaya yang bisa mengancam kelestarian dan kesehatan lingkungan di sekitarnya. Dengan mengurai bahan – bahan yang berbahaya dari limbah yang dihasilkan, limbah ini bisa lebih diterima oleh alam. Limbah yang sudah ramah lingkungan dan aman untuk daerah sekitarnya bisa di alirkan dengan lebih mudah. Setelah para siswa mengetahui penjelasan tentang kerusakan alam yang disebabkan oleh limbah ini, diharapkan mereka dapat mengenali kerusakan yang ada di lingkungan mereka.

Limbah yang menimbulkan bau juga akan menjadi sumber polusi udara yang membahayakan. Karena kandungan zat – zat yang ada di dalam limbah industri sangat membahayakan, bau yang dihasilkanpun akan menggangu kenyamanan masyarakat di sekitarnya. Asap pembuangan pabrik yang pekat dan berjumlah banyak juga menjadi polusi yang mencemarri udara di sekitarnya jika tidak segera dikurangi. Pembersihan lingkungan secara teratur harus selalu dilakukan untuk menghindarkan polusi yang lebih membahayakan lagi. Udara yang ada di sekitar pabrik juga bisa lebih bersih jika asap yang dihasilkan oleh pabrik disaring terlebih dahulu. Pendidikan tentang lingkungan yang sehat dan cara mejaganya ini benar – benar sangat dibutuhkan untuk menjamin kenyamanan masyarakat dengan membiasakan anak – anak sejak dini. Kebanyakan anak – anak yang diberikan pendidikan semacam ini merasa lebih nyaman dan lebih paham bahwa kebersihan lingkungan harus selalu dipelihara agar kehidupan manusia sejahtera dan aman. Anak – anak akan dengan senang hati membantu menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s