Pelestarian Lingkungan Hidup Alami

Lingkungan hidup harus kita jaga sebaik mungkin. Kita harus tahu bagaimana menjaga lingkungan hidup alami untuk kehidupan yang lebih baik. Lingkungan adalah dimana kita hidup dan apa yang ada disekitar kita. Lingkungan dibagi menjadi beberapa bagian. Ada lingkungan alam dan juga ada lingkungan sosial. Kita tentu membutuhkan lingkungan alam karena kita membutuhkan udara, dan juga lingkungan sekitar. Kita tentu membutuhkan lingkungan sosial karena kita membutuhkan manusia lainnya. Oleh karena itu, manusia sering disebut sebagai makhluk sosial. Lingkungan hidup adalah lingkungan dimana segala sesuatu sangat berpengaruh satu sama lain terhadap kehidupan semua makhluk hidup yang tinggal dibumi. Lingkungan alam sendiri akan dibagi menjadi tiga yaitu:

    • Unsur Lingkungan Biotik. Unsur lingkungan ini terdiri atas hewan, jasad renik dan juga tumbuhan. Lingkungan ini juga sangat ditentukan dengan keberadan kita misal kita di kelas, di kebun, atau dilingkungan lainnya.
    • Unsur Lingkungan sosial budaya. Lingkungan ini adalah lingkungan dimana masyarakat tinggal. Norma dan sistem nilai juga bagian dari lingkungan sosial budaya.
    • Unsur lingkungan abiotik. Lingkungan ini terdiri dari tanah, air, udara, cuaca, iklim dan lain sebagainya. Jika lingkungan fisik ini telah rusak maka akan terjadi banyak masalah serta bencana diatas bumi. Kehidupan di bumi tidak akan berlangsung dengan baik jika ada kerusakan lingkungan hidup alami di bumi. Bencana-bencana tersebut misalnya adanya banyak penyakit, dan perubahan musim yang tidak teratur.

Kita sering menjumpai berbagai kerusakan lingkungan. Faktor kerusakan lingkungan hidup bisa disebabkan karena dua hal:

    • Kerusakan lingkungan hidup yang sebabkan karena peristiwa alam. Banyak sekali contoh kerusakan lingkungan yang sudah terjadi misalnya gelombang tsunami. Tsunami telah memporakporandakan bumi Mekah. Fenomena lainnya adalah gempa yang terjadi di Yogyakarta beberapa waktu yang lalu. Fenomena letusan gunung berapi juga menyebabkan kerusakan lingkungan. Lava panas bisa merusak apapun yang ada didekatnya. Gas yang keluar dari gunung juga menyebabkan racun sehingga sangat berbahaya bagi lingkungan kita. Fenomena alam seperti angin topan dan angin lainnya juga bisa menjadi penyebab kerusakan lingkungan yang sering terjadi di bumi kita, Angin topan banyak terjadi di beberapa Negara-negara di Amerika, Eropa serta Asia. Angin topan biasanya dikarekan perubahan iklim yang drastik sehingga kita tidak bisa memprediksi kapan terjadinya bencana yang menyebabkan kerusakan lingkungan.
    • Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh ulah manusia. Manusia semakin banyak dan tidak bijaksana menyebabkan banyak terjadinya pencemaran lingkungan seperti air, tanah, udara serta menyebabkan hal-hal buruk lainnya. Sistem drainase yang buruk serta pembuangan air yang salah juga bisa menyebabkan kerusakan lingkungan serta menyebabkan banjir. Adanya penebangan liar, pengrusakan hutan bakau, penimbunan rawa untuk pemukiman serta hal-hal lainnya juga semakin memperburuk kondisi lingkungan hidup alami di bumi.

Setelah kita mengetahui lingkungan serta penyebab kerusakan lingkungan di bumi, kita harus tahu upaya yang harus kita lakukan untuk melestarikan lingkungan hidup.Kita harus bijaksana dalam menggunakan semua unsur alam sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan lingkungan yang semakin parah dan semakin membuat manusia mendapatkan banyak bencana. Pemerintah dituntut untuk mendukung program pelestarian lingkungan yang berkelanjutan. Aturan yang jelas tentang pelestarian lingkungan serta sanksi yang tegas terhadap semua pelanggaran yang menyebabkan kerusakan lingkungan harus selalu diterapkan. Peran serta dari semua kelompok masyarakat serta pemerintah bisa membuat lingkungan kita tetap nyaman untuk ditempati sekarang serta masa yang akan datang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s