Mengurangi Sampah Indonesia

Sampah yang menggunung dan menyebabkan banyak masalah memaksa kita untuk bertindak cepat untuk bisa mengurangi sampah Indonesia. Kisah buruk sampah di Bandung yang menyebabkan kota itu terlihat sangat kotor di setiap sudutnya atau meledaknya timbunan sampah yang mengakibatkan korban manusia adalah sedikit contoh bahaya sampah. Belum lagi kisah-kisah menyedihkan tentang penyakit-penyakit yang diderita masyarakat yang tinggal di sekitar tempat pembuangan sampah membuat hati kita miris. Masyarakat golongan lemah yang tidak memiliki daya apapun untuk memilih tempat tinggal mereka harus menerima kenyataan bahwa mereka tinggal di tempat yang penuh dengan bakteri, kuman, dan virus. Sampahlah yang menyebabkan berkembangnya penyebab penyakit tersebut. Oleh karena itu, kita harus mengurangi sampah secepatnya.

Mengurangi sampah Indonesia juga harus dimulai secepatnya karena kerusakan lingkungan hidup akibat banyaknya sampah Indonesia sudah semakin parah. Tanah menjadi tercemar sehingga tumbuhan tidak dapat tumbuh dengan baik. Air sungai tercemar sehingga kita kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Laut juga tercemar sehingga hewan-hewan dilaut mati dan tidak dapat berkembang biak dengan sempurna. Udara yang kita hirup juga tercemar akibat gas-gas yang diproduksi oleh sampah. Pencemaran udara ini sangat tidak baik untuk kesehatan manusia, juga bagi hewan dan tumbuhan. Jika kita bertindak cepat, beberapa tahun lagi kita mungkin tidak akan menjumpai tempat yang sehat di Indonesia ini.

Agar kita bisa mengurangi sampah Indonesia dengan cepat, kita harus memulainya dari diri kita pribadi. Mungkin terlihat kecil, tetapi jika semua orang di Indonesia mengurangi jumlah sampah mereka, maka jumlah total sampah yang dihasilkan oleh negara ini akan sangat menakjubkan karena negara ini memiliki lebih dari dua ratus juta penduduk. Satu gram saja jumlah yang dikurangi oleh masing-masing orang dalam satu hari, maka sampah Indonesia akan berkurang lebih dari 200 ton dalam satu hari. Jika dikalikan tiga puluh hari, maka jumlah sampah yang dikurangi mencapai lebih dari 6000 ton dalam satu bulan. Kita harus melihatnya dalam cakupan yang luas sehingga akan terasa bedanya.

Setelah kita mengurangi sampah secara pribadi, kita lanjutkan dengan sampah rumah tangga dan sampah di lingkungan kita tinggal. Biasakanlah untuk mengurangi sampah di rumah dan ajaklah orang-orang untuk mengurangi sampah mereka. Anda juga bisa bergabung dengan organisasi lingkungan atau membuat organisasi lingkungan yang mengkampanyekan pengurangan sampah di Indonesia. Tentunya sampah produksi juga menjadi kunci keberhasilan dalam mengurangi sampah Indonesia. Industri menghasilkan sampah yang sangat banyak dari proses produksi mereka. Mempergunakan kembali bahan-bahan yang tersisa atau mendaur ulang bahan-bahan adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengurangi sampah industri. Peraturan-peraturan pemerintah dan penegakannya sangat diperlukan. Kita juga bisa membantu dengan cara melakukan pengawasan terhadap limbah pabrik di sekitar kita.

Jika kita kesulitan untuk mengurangi sampah kita, ada baiknya jika kita melakukan pemisahan-pemisahan sampah berdasarkan material pembuatnya. Contoh yang paling mudah adalah memisahkan bahan organik dengan non-organik. Hal ini sudah banyak dipraktekkan di kota-kota besar dengan menyediakan dua macam tempat sampah, satu untuk sampah organik dan satu untuk non-organik. Akan lebih baik lagi, jika kita bisa memisahkan dengan lebih teliti lagi. Kumpulkan sampah kertas, plastik, logam, dan kaca dalam tempat terpisah. Tujuan pemisahan sampah ini adalah agar sampah-sampah tersebut bisa didaur ulang dengan lebih mudah. Dengan daur ulang kita akan mengurangi sampah Indonesia karena barang yang telah kita buang tidak akan menjadi sampah lingkungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s