Menghentikan Kerusakan Lingkungan

Banyak kerusakan lingkungan alam yang terjadi karena ulah manusia yang tidak memperhatikan kelestarian alam. Dengan sumber daya yang besar dan menguntungkan, bumi dan lingkungan menjadi sasaran dari orang – orang yang ingin meraup keuntungan. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengambil hasil alam tanpa merusaknya. Cara semacam ini sudah banyak dijelaskan oleh para ahli lingkungan yang ingin menghentikan semua kerusakan yang ada. Untuk para pengusaha yang ingin mengambil hasil hutan seperti kayu, penebangan dilanjutkan penanaman kembali akan menjadi cara yang benar. Cara ini memungkinkan hutan akan tetap hijau dan penuh pohon di masa mendatang. Pohon baru yang ditanam akan menggantikan tugas pohon yang ditebang ini. Saat ini, banyak hutan di seluruh dunia yang semakin menipis luasnya karena penebangan liar yang tidak berhenti. Pembukaan lahan untuk dijadikan sebagai kawasan bisnis dan pemukiman juga menjadi alasan lain menipisnya luas hutan yang ada di dunia. Jika hal ini tidak secepatnya dihentikan, maka hutan yang merupakan paru – paru dunia tidak akan bisa memproduksi dan menyediakan udara yang jernih dan sehat untuk kelangsungan hidup manusia.

Selain masalah kerusakan hutan yang semakin hari semakin parah, kerusakan alam yang terjadi di dunia ini juga banyak diakibatkan oleh limbah yang dihasilkan oleh pabrik – pabrik. Limbah yang belum diproses dan dinetralisasi sebelumnya menjadi zat yang akan membahayakan kesehatan lingkungan di sekitarnya. Banyak kasus pencemaran lingkungan yang terjadi karena limbah buangan pabrik yang melebihi ambang batas yang disarankan oleh pemerintah. Masyarakat di sekitar pabrik akan merasa tidak nyaman dengan aliran limbah yang tidak sehat ini. Cara yang benar untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan penyaringan dan memproses limbah yang dihasilkan oleh proses produksi di pabrik tersebut. Dengan mengurai bahan – bahan yang berbahaya dari limbah yang dihasilkan, limbah ini bisa lebih diterima oleh alam. Limbah yang sudah ramah lingkungan dan aman untuk daerah sekitarnya bisa di alirkan dengan lebih mudah. Untuk pengelola pabrik yang tidak memproses limbahnya menjadi lebih aman, pemerintah sudah membuat peraturan dan sanksi yang tegas untuk para pelanggarnya. Dengan peraturan ini pemerintah ingin membantu menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh manusia. Selain dua masalah yang membahayakan ini, sampah yang tidak dibuang pada tempatnya juga bisa memicu kerusakan dan bencana alam yang membahayakan.

Sampah yang tidak dibuang di tempatnya akan mengakibatkan polusi udara yang bisa membuat orang – orang disekitarnya merasa tidak nyaman. Selain harus membuang sampah pada tempatnya, memilah sesuai bahan sampah juga harus mulai dibiasakan. Dengan memilah sampah yang dibuang, polusi udara seperti bau busuk akan bisa dikurangi. Banyak masyarakat sekita sungai yang menjadikan sungai sebagai tempat sampah umum yang gratis. Hal ini dapat membahayakan jika tidak segera dihentikan. Sampah yang menumpuk juga akan mengakibatkan bencana alam seperti banjir bandang. Sudah banyak kasus bencana banjir yang terjadi karena menumpuknya sampah di sungai karena kedalamnnya yang semakin meninggi karena digenangi sampah. Membiasakan membuang sampah pada tempatnya sejak dini menjadi hal yang diperlukan. Inilah mengapa banyak sekolah – sekolah yang mengajarkan tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan menghentikan kerusakan alam yang akan membuat kehidupan manusia terancam. Dengan menjaga kelestarian lingkungan di bumi tercinta kita ini, kita akan bisa merasa lebih nyaman dan lebih tenang menjalani kehidupan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s