Menanggapi Krisis Lingkungan Sosial dalam Masyarakat Modern Perkotaan

Sebagai manusia, kita tentu tidak akan pernah terlepas dari manusia lain. Hal ini tercermin dalam berbagai pendapat yang menyatakan bahwa manusia adalah makluk sosial. Artinya, manusia tidak akan dapat hidup sendiri. Manusia akan bergantung pada orang lain. Namun, hal tersebut sekarang rupanya agak sulit untuk ditemukan secara literal, terutama dalam kehidupan sosial masyarakat modern perkotaan. Sebagian orang menyebut minimnya kehidupan bersosialisasi masyarakat perkotaan sebagai krisis lingkungan sosial. Namun, sebelum kita mencermati krisis lingkungan sosial, ada baiknya kita memahami pengertian lingkungan sosial terlebih dahulu.

Lingkungan sosial adalah suatu lingkungan yang terdiri dari makhluk sosial, dalam hal ini adalah manusia. Lingkungan sendiri adalah segala sesuatu yang berada di sekitar manusia dan mampu mempengaruhi, baik secara fisik maupun mental, baik secara langsung maupun tak langsung. Keberlangsungan kehidupan dalam suatu lingkungan sosial dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satu hal yang memiliki pengaruh sangat besar terhadap keberlangsungan lingkungan sosial adalah interaksi antara sesama anggota sosial yang ada di dalamnya. Jika interaksi antara sesama anggota lingkungan sosial sudah sangat jarang terjadi, hal ini menandakan adanya krisis lingkungan sosial.

Krisis lingkungan sosial dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah kesibukan masing-masing individu dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari. Penyebab semacam ini akan dengan mudah kita temukan dalam lingkungan perkotaan yang sebagian besar masyarakatnya sudah tertanam sifat invidualis oportunis. Berbagai gaya hidup manusia modern di perkotaan sebenarnya tidak akan pernah mampu melepaskan kodrat manusia sebagai makhluk sosial. Manusia akan tetap memiliki kebutuhan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesamanya. Hanya saja, jika kita cermati dalam kehidupan manusia modern di perkotaan, sosialisasi dan interaksi yang ditemukan tidak lagi dalam satu lingkungan yang sama. Kebanyakan dari mereka banyak yang justru lebih senang untuk berinteraksi dengan anggota lingkungan sosial lain yang keberadaannya jauh dari lingkungan sosial mereka.

Kemajuan teknologi informasi yang menyebabkan manusia menjadi lebih mudah untuk berinteraksi dengan siapa saja menyebakan manusia banyak yang pilih-pilih dalam berinteraksi dengan sesamanya. Hal ini juga dapat menjadi faktor utama terjadinya krisis lingkungaan sosial. Karena sebagian besar manusia lebih senang berinteraksi dengan orang yang berasal dari luar lingkungan sosial mereka, mereka cenderung lebih mengabaikan anggota lingkungan sosial lain yang justru memiliki lokasi yang berdekatan dengan tempat tinggal merea.

Selain karena faktor invidualisme dan faktor kemajuan teknologi, faktor psikologis dari masing-masing individu juga dapat menjadi penyebab terjadinya krisis lingkungan sosial. Sebagian orang cenderung lebih memilih untuk berinteraksi dengan orang-orang yang mereka anggap memiliki kesamaan visi dan kesepahaman. Sebagian dari mereka justru dapat berlanjut dan akan menciptakan lingkungan sosial sendiri di antara mereka. Hal ini lah yang dianggap sebagai siklus lingkungan sosial dalam masyarakat perkotaan. Di satu sisi mereka tinggal dan beraktivitas di suatu lingkungan sosial, tetapi mereka juga memiliki hubungan dengan lingkungan sosial yang lain, bahkan lebih dari satu lingkungan sosial.

Untuk menanggapi krisis yang terjadi dalam lingkungan sosial masyarakat perkotaan. Kita sebenarnya tidak perlu mengkhawatirkannya karena pada akhirnya, krisis lingkungan sosial tersebut akan berakhir dengan siklus sosial yang akan menempatkan mereka pada lingkungan sosial yang baru yang justru akan cocok dengan kondisi psikologis dari massing-masing individu. Hal tersebut menunjukkan bahwa manusia akan selalu menjadi makhluk sosial yang akan selalu bergantung pada manusia lain dan tidak akan pernah mampu hidup sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s