Mari Mengenal Sampah

Pengetahuan mengenal sampah secara umum, sampah dapat didefinisikan sebagai sisa hasil aktivitas manusia ataupun alam yang tidak bisa dipergunakan lagi atau belum memiliki nilai ekonomis yang sebenarnya tetapi masih sangat memungkinkan bernilai ekonomis. TPA atau tempat pembuangan akhir hanyalah sebuah kamuflase dari sebuah masalah. Pengelolalan adalah jalan keluar namun sebelum kita berbicara mengenai pengelolaannya, ada baiknya kita mangenal apa sebenarnya yang dimaksud dengan sisa aktivitas manusia ini dan apa saja jenisnya. Secara umum, sisa hasil aktivitas manusia dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu organik, anorganik dan berbahaya. Masing-masing jenis memiliki karakteristik yang berbeda dan berujung pada cara pengelolaan yang berbeda pula sehingga dapat dipergunakan kembali untuk tujuan yang berbeda.

Mari kita bahas mengenal sampah jenis organik atau sering juga disebut jenis basah. Berasal dari alam seperti daun-daunan, buah, ranting dan bagian tanaman lain yang tidak dipergunakan oleh manusia. Sisa hasil aktivitas manusia seperti hasil dapur atau restoran berupa sisa-sisa makanan, rempah-rempah, kulit buah dan sebagainya juga masuk dalam kategori ini. Semua yang masuk dalam kategori ini seharusnya bisa mengalami proses pembusukan secara alami dan dapat terurai dengan sendirinya di alam. Bahkan, bila diolah dengan baik, mereka dapat diolah menjadi kompos atau pupuk yang berguna bagi kesuburan tanah dan tumbuhan yang baik untuk pertanian.

Selanjutnya kita akan coba mengenal sampah jenis anorganik atau tipe kering yang tidak memungkinkan untuk mengalami pembusukan secara alami. Barang-barang yang masuk dalam kategori ini adalah plastik, kertas, kaca, foam dan lain sebagainya. Karena mereka tidak dapat terurai dengan sendirinya maka dibutuhkan campur tangan manusia dalam proses pengolahannya. Kategori inilah yang paling banyak ditemukan menumpuk di TPA dan bercampur dengan berbagai jenis kotoran lainnya. Sudah cukup banyak usaha yang dilakukan oleh manusia dalam rangka mengelolanya dan menghasilkan sesuatu yang bermafaat darinya seperti kertas daur ulang, kerajinan dari plastik atau bungkus plastik seperti tas ataupun bunga plastik dan kerajinan lainnya.

Mengenal sampah jenis terakhir seperti uraian diatas yaitu jenis sampah yang masuk pada kategori berbahaya. Berbahaya karena bila tidak ditangani dengan baik dapat membahayakan kesehatan manusia itu sendiri. Yang termasuk didalam kategori ini adalah botol racun nyamuk yang mungkin masih ada isinya, baterai bekas, dan juga buangan dari rumah sakit. Untuk yang disebutkan terakhir, sebenarnya pihak rumah sakit ataupun lembaga perwatan kesehatan sudah memilah-milah dan mengelompokkan hasil sisa dari aktivitas rumah sakit itu sendiri untuk diolah lebih lanjut. Untuk limbah medis itu sendiri dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok lagi seperti limbah benda tajam, limbah infeksius, limbah jaringan tubuh, limbah farmasi, limbah citotoksik atau limbah dari benda yang terkontaminasi, limbah kimia, limbah radio aktif dan yang terakhir limbah plastik.

Setelah mengenal sampah ataupun limbah yang ada di masyarakat, tentunya yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengolah dengan bijak limbah tersebut. Memulai dengan diri sendiri dan di lingkungan rumah adalah hal termudah untuk memulai. Memisahkan limbah berdasarkan jenisnya adalah hal paling sederhana untuk dilakukan apabila kita belum mampu atau belum menemuka cara yang tepat untuk mengolahnya sendiri. Untuk limbah organik, sebenarnya kita mampu untuk mengolahnya sendiri dan menyerahkan jenis limbah yang lain untuk dikelola oleh pihak yang lebih berpengalaman. Membuang semua limbah organik dalam sebuah lubang kecil dihalaman rumah dan membiarkannya membusuk secara alami manjadi pupuk tanah sudah sangat membantu dalam proses pengelolaan limbah secara umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s