Lingkungan Sehat Awal Hidup Sehat

Melestarikan lingkungan hidup bisa menjadi salah satu cara untuk meraih kehidupan yang sehat dan menyenangkan. Lingkungan sekitar kita harus selalu dijaga kelestariannya karena hal ini akan menentukan kenyamanan yang akan kita dapatkan. Membersihkan lingkungan rumah secara rutin bisa menjadi awal yang baik untuk menjaga lingkungan sekitar kita agar tetap bersih dan lestari. Jika lingkungan sekitar kita tidak dipelihara dengan baik, bisa terjadi hal – hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam yang tidak terelakkan. Banyak kerusakan lingkungan yang terjadi karena kesalahan manusia yang tidak menjaga kelestarian lingkungan dengan benar. Banjir, tanah longsor, polusi udara dan bencana lain yang terjadi merupakan hasil dari perbuatan manusia yang tidak memperhatikan kelestarian llingkungan yang penting. Pengambilan hasil alam yang membabi buta tanpa perencanaan yang benar menjadi penyebab dari semua bencana tersebut. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengambil hasil alam tanpa merusaknya. Pemerintah sendiri sudah banyak membuat berbagai macam peraturan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang ada. Hal ini akan menjadikan semakin banyak orang yang mencari cara untuk menjaga lingkungan di sekitarnya.

Sampah yang tidak dibuang di tempat yang tepat bisa menjadi penyebab dari bencana yang membahayakan. Sudah banyak kasus bencana banjir yang terjadi karena menumpuknya sampah di sungai karena kedalamnnya yang semakin meninggi karena digenangi sampah. Masyarakat sekitar sungai seringkali menjadikan sungai sebagai tempat sampah umum yang gratis. Sampah – sampah yang menumpuk di sungai menjadikan pendangkalan sungai semakin cepat. Sungai yang mendangkal meningkatkan resiko banjir. Jika hujan turun selama beberapa jam, debit air akan meningkat dan air bisa meluap dengan mudah dan menyebabkan banjir. Selain harus membuang sampah pada tempatnya, memilah sesuai bahan sampah juga harus mulai dibiasakan. Dengan memilah sampah yang dibuang, polusi udara seperti bau busuk akan bisa dikurangi. Pemilahan sampah ini sudah banyak disosialisasikan oleh pemerintah agar masyarakat semakin paham tentang cara menjaga lingkungan mereka. Polusi udara juga banyak terjadi karena masalah yang dilakukan oleh manusia. Pembuatan pabrik dimana – mana menjadi penyebab dari bertambahnya polusi udara yang terjadi. Asap pembuangan pabrik yang pekat menjadikan sirkulasi udara bersih menjadi terganggu. Asap yang semakin pekat benar – benar tidak aman untuk udara di sekitar pabrik.

Polusi udara yang terjadi akan mengganggu masyarakat sekitar untuk menjalankan kehidupan mereka dengan lebih sehat. Udara yang bersih dapat dihasilkan oleh pohon – pohon hijau yang lebat dan biasa tumbuh di hutan – hutan. Hutan yang merupakan paru – paru dunia sangat penting karena bisa menghasilkan udara yang bersih dan sehat untuk masyarakat. Untuk lingkungan anda sendiri, udara bisa menjadi lebih bersih jika anda menanam pohon – pohon yang hijau disekitar rumah anda. Udara yang dihasilkan oleh pohon ini akan meningkatkan kemurnian dan kesehatan udara di sekitar anda. Lingkungan yang sehat akan semakin mudah dibuat jika anda tahu bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan. Pembersihan lingkungan secara teratur harus selalu dilakukan untuk menghindarkan polusi yang lebih membahayakan lagi. Budaya kerja bakti membersihkan lingkungan secara teratur adalah salah satu cara membiasakan kebiasaan baik yang akan meningkatkan kenyamanan hidup masyarakat di sekitarnya. Sudah banyak orang yang terus menjalankan kegiatan yang baik ini agar lingkungan hidup mereka semakin baik dan semakin sehat lagi. Lingkungan yang sehat ini akan memberikan hidup yang sehat pula.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s