Budayakan Membuang Sampah pada Tempatnya

Pernahkah anda melihat genangan air di jalan ataupun suatu daerah yang dikarenakan hujan yang mengguyur daerah tersebut? Genangan air yang masih sedikit memang tidak begitu membahayakan manusia yang hidup di sekitarnya. Namun, apabila genangan tersebut menjadi semakin parah dan pada akhirnya menimbulkan banjir di daerah tersebut. Pada saat banjir terjadi, kita tidak dapat melakukan apapun selain menyelamatkan diri sendiri dan apapun yang bisa diselamatkan dari rumah kita. Saat banjir menyerang, kita melihat banyak sampah berserakan karena kotoran yang berada pada selokan atau sungai sekitar naik semua dan memenuhi daerah tersebut. Sehingga, kotoran tersebut mengalir begitu saja di depan rumah atau di jalan-jalan dimana terdapat genangan air.

Sadarkah anda bahwa banjir atau genangan air yang ada di daerah anda ditimbulkan oleh sampah yang naik dan timbul pada saat hujan? Banjir atau genangan air disebabkan karena saluran air dimana mereka seharusnya mengalir tersumbat oleh kotoran yang sangat banyak. Sehingga, kotoran tersebut menyebabkan air tidak dapat mengalir di jalan yang sharusnya, dan mengambil jalur yang tidak seharusnya dilewati. Seperti yang kita ketahui bahwa air mengalir dari tempat bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah. Apabila jalan yang seharusnya mereka lalui tersumbat, maka tekanan yang ada di tempat itu menjadi semakin besar, sehingga air tersebut secara alami akan mengalir ke tekanan yang lebih rendah.

Dan sayangnya, tekanan yang lebih rendah adalah jalan yang ada di depan rumah anda, atau bahkan rumah anda menjadi sasaran dari air tersebut. Air tersebut akan mengalir ke arah manapun yang memiliki tekanan yang lebih rendah. Dari hal seperti ini kita perlu belajar untuk tidak menyumbat jalan air yang sudah ada. Bagaimana cara yang tepat untuk mencegah banjir dan kotoran yang menyumbat jalan air? Salah satu cara yang tepat dan cepat adalah membudayakan buang sampah pada tempat yang ada. Untuk membudayakan hal tersebut, kita dapat menyediakan tempat penampungan kotoran di beberapa titik di lingkungan kita. Dengan hal itu, kita dapat membuat warga sekitar kita menjadi lebih perhatian dan tidak akan dengan sembarangan membuang kotoran yang ada.

Kita tidak perlu meminta semua orang untuk melakukan hal ini. Kita dapat memulai dari keluarga kita sendiri. Kita dapat mengajarkan pada anak-anak kita untuk lebih perhatian pada lingkungan sekitar dan mengajarkan mereka kebiasaan untuk membuang kotoran pada tempat yang disediakan. Kita dapat menyediakan satu tempat yang ada di depan rumah kita. Selain untuk anggota keluarga kita, tempat tersebut juga dapat dipergunakan oleh orang lain yang kebetulan lewat di depan rumah kita dan ingin membuang kotoran. Sehingga mereka tidak akan sembarangan melainkan membuang kotoran di tempat sampah yang telah kita sediakan.

Dengan budaya tersebut, kita dapat mengurangi efek yang berbahaya pada saat musim hujan. Banjir tidak akan menyerang lingkungan rumah kita lagi. Kita dapat membuat lingkungan kita menjadi lebih asri dan bersih. Kita tidak perlu kuatir akan datangnya musim hujan karena kita telah menyediakan jalur yang cukup untuk aliran air hujan. Hal ini membuat lingkungan kita menjadi lebih asri dan aman dari banjir. Tentunya hal ini bukan hanya anda saja yang menikmati, namun semua warga di sekitar anda juga akan menikmati lingkungan yang menyenangkan dan terbebas dari sampah yang mengganggu,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s