Belajar Pengertian Hukum Lingkungan

Lingkungan hidup tidak bisa dipisahkan dari manusia. Kini semakin banyak manusia yang tidak sadar akan pelestarian lingkungan hidup. Mereka hanya berfikir untuk hidup dan menggunakan lingkungan untuk kepentingan hidupnya. Pemerintah menguasai semua lingkungan yang ada untuk kesejahteraan hidup manusia. Untuk mengatur serta membatasi penggunaan lingkungan yang semakin tidak terjaga, pemerintah harus merumuskan hukum lingkungan yang harus ditaati oleh semua penduduk yang tinggal disebuah Negara. Kita sering mendengar tentang pengertian hukum lingkungan. Apa yang dimaksud dengan hukum lingkungan? Hukum lingkungan adalah salah satu ilmu hukum yang paling diminati karena sangat bisa langsung diaplikasikan dalam hidup kita. Seperti hukum yang lain, hukum lingkungan juga terdiri dari beberapa segi yaitu segi hukum perdata, pidana, serta administrasi. Hukum lingkungan lebih kompleks jika dibandingkan dengan hukum yang lainnya. Hukum ini sangat mustahil jika dilakukan sendiri karena hukum ini sangat erat kaitannya dengan lingkungan sekitar, orang lain serta hal lainnya.

Kita bisa mulai belajar dari mencari pengertian hukum lingkungan terlebih dahulu. Hukum lingkungan adalah hukum yang mengatur tatanan lingkungan yang mencakup semua bidang yakni benda, kondisi, manusia, tingkah laku serta hal lainnya. Hukum lingkungan ini lebih tertuju kepada lingkungan dan penggunaaan lingkungan tersebut. Hukum lingkungan tersebut dibagi menjadi dua:

    • Hukum lingkungan modern. Hukum modern ini menerapkan norma-norma yang bisa digunakan untuk mengatur semua perbuatan manusia dan bertujuan untuk melindungi lingkungan dari kerusakan serta kualitas lingkungan. Hukum ini ditujukan untuk melestarikan lingkungan secara terus-menerus sehingga lingkungan bisa digunakan untuk sekarang serta masa yang akan datang. Hukum lingkungan modern ini mempunyai sifat yang utuh serta lebih menyeluruh.
    • Hukum lingkungan klasik. Hukum lingkungan yang kedua ini lebih klasik karena lebih mengatur hal-hal yang klasik seperti penggunaan lingkungan serta bahaya eksplotasi lingkungan serta sumber-sumber daya di bumi. Hukum ini lebih baku dan kaku serta tidak bisa diubah. Hukum yang kaku sudah terjamin menjadi hukum yang lebih ditepati serta dilaksanakan oleh banyak orang. Sedangkan hukum yang modern lebih bisa fleksibel serta berubah sesuai dengan perubahan jaman. Hukum lingkungan klasik juga mengatur masalah pengelolaan lingkungan dimana kita tinggal dan hidup.

Ada beberapa penjelasan menarik yang bisa anda baca diberbagai sumber. Kita telah mengetahui apa yang dimaksud dengan pengertian hukum lingkungan serta dua macam hukum lingkungan yang diaplikasikan oleh kita. Hukum lingkungan ini adalah alat yang sah untuk mengatur lingkungan terutama dalam pengelolaan sehingga tidak akan merugikan semua pihak. Lingkungan harus dikembalikan sebagaimana posisinya. Lingkungan harus tetap bisa menjadi tempat terbaik dimana manusia berkembang. Dengan adanya pelestarian lingkungan tentu kita bisa menggunakan lingkungan kita untuk masa sekarang serta masa depan kita. Hukum lingkungan ini dikuasai oleh kaidah hukum tata usaha Negara dan hukum pemerintah. Dalam pelaksanaan hukum ini, seseorang dituntut untuk selalu bijaksana tetap tegas, sehingga pembuatan hukum ini benar-benar sesuai dengan apa yang diharapkan. Jika kita ingin mengetahui bagaimana penerapan hukum lingkungan ini dinegara kita bisa mencari informasinya di internet atau beberapa sumber lainnya. Ada ataupun tidak adanya hukum, anda harus tetap bisa melestarikan lingkungan untuk kebaikan semua orang. Lingkungan tetap lestari selama manusia masih bijaksana. Hukum harus selalu ditegakkan agar kerusakan lingkungan serta upaya pengrusakan lingkungan seperti penebangan hutan, pembakaran hutan serta hal buruk lainnya tidak terus terjadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s