Program Penghijauan Lingkungan

Dengan maraknya isu pemanasan global, program penghijauan lingkungan menjadi sangat penting. Semua pihak baik instansi pemerintah, organisasi sosial, sampai kelompok-kelompok kecil di dalam masyarakat kita membuat program penghijauan. Mereka beramai-ramai menanam pohon sebanyak mungkin. Lahan-lahan hutan yang rusak baik karena terbakar maupun dirusak oleh manusia, berusaha dihidupkan kembali untuk dapat mengurangi dampak pemanasan global yang sedang terjadi. Lahan-lahan terlantar yang tidak dimanfaatkan juga kembali ditanami untuk memperbanyak jumlah pohon yang ada di negeri ini. Kampanye penghijauan lingkungan juga semakin marak untuk mengajak seluruh masyakat Indonesia berpartisipasi dalam menghijaukan lingkungan. Gerakan-gerakan tersebut banyak yang diberitakan di media baik cetak maupun elektronik.

Program penghijauan lingkungan dilakukan untuk mengurangi dampak pemanasan global karena pohon-pohon hijau akan menyerap gas karbon dioksida di udara yang mereka gunakan untuk proses fotosintesa. Gas karbon dioksida adalah salah satu gas karbon penyebab pemanasan global karena karbon dioksida akan membuat lapisan di udara yang membuat panas matahari yang masuk ke bumi tidak dapat keluar lagi ke angkasa. Manusialah menyebabkan kadar gas karbon di udara semakin banyak dan melebihi tingkat normal. Kendaraan bermotor dan proses produksi di pabrik banyak membuang gas karbon di udara. Untuk itulah, diperlukan penghijauan lingkungan agar kondisi udara menjadi lebih baik dan gas karbon berkurang.

Program penghijauan lingkungan biasa dilakukan dengan menanam kembali pohon-pohon di lahan hutan yang rusak ataupun dilahan terlantar. Gerakan-gerakan menanam hutan banyak sekali kita jumpai. Biasanya gerakan ini dilakukan oleh suatu organisasi dengan mengajak satu atau lebih publik figur yang akan menarik perhatian masyarakat. Hal ini adalah suatu langkah cerdik untuk menarik minat masyakat untuk melakukan penghijauan lingkungan. Biasanya orang akan mencontoh publik figur yang mereka idolakan. Namun, sayangnya ada juga gerakan penghijauan yang dilakukan hanya untuk mencari nama baik. Acara tersebut digembar-gemborkan dalam media untuk mencari simpati masyarakat terhadap organisasi atau perusahaan. Hal ini tentunya sangat disayangkan, karena menjaga lingkungan adalah kewajiban semua pihak bukan tempat untuk mencari keuntungan semata.

Walaupun penghidupan hutan kembali adalah langkah yang harus dilakukan, tetapi program penghijauan lingkungan tidak harus dengan menghidupkan hutan. Program penghijauan dapat dilakukan di lingkungan sekitar kita dengan menanam pohon sebanyak mungkin.  Tentunya kita tidak hidup di dalam hutan dan lahan disekitar kita sangatlah terbatas. Oleh karena itu, saat anda akan membangun rumah, sebaiknya anda sisakan lahan untuk menanam pohon. Satu atau dua pohon di rumah anda sudah baik dan akan lebih baik lagi jika anda menanam lebih banyak pohon. Di lingkungan rumah anda, berkoordinasilah dengan pengurus dan seluruh warga untuk menyediakan lingkungan hijau dan menanam pohon.

Untuk masa depan bumi yang lebih baik, program penghijauan lingkungan harus dilakukan secara berkelanjutan jangan hanya saat program lingkungan menjadi tren saja. Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia untuk heboh mengikuti tren dan berhenti setelah beberapa saat. Program penghijauan harus dibuat secara berkelanjutan di lingkungan seluruh negeri ini. Kita harus menjaga agar lingkungan kita tetap hijau dengan merawat pohon-pohon yang ada disekitar kita. Jika ada pohon yang mati, tanamlah kembali pohon lainnya. Seluruh program pembangunan harus melalui proses pemeriksaan yang ketat agar tidak merusak lingkungan hijau.  Hal ini harus menjadi kebiasaan dan diturunkan kepada anak cucu kita. Dengan begitu kita dapat hidup dengan lebih nyaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s